• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Kurikulum Matematika SMK: Model Piramida

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.437Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Effendi, Moh. Mahfud
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan SMK adalah menyiapkan siswanya untuk bekerja sesuai keahliannya. Untuk itu, tujuan semua mata pelajaran termasuk matematika harus menopang dan terintegrasi dengan tujuan program keahliannya. Tetapi adanya tuntutan UN, KurNas, SKKNI, dan DuDi menyebabkan overload dan overlap bahan ajar matematika di SMK. Pengembangan kurikulum matematika SMK tidak fokus pada materi yang penting dan dibutuhkan program keahliannya, sehingga tidak memenuhi prinsip relevansi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menemukan model pegembangan kurikulum matematika di SMK. Untuk keperluan tersebut maka metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan model banyak melibatkan guru SMK mulai dari pengembangan desain model sampai pada uji kelayakan model melalui uji keterlaksanaan model. Uji kelayakan model di laksanakan di dua SMK di Malang dan Bojonegoro dengan responden sebanyak 20 guru. Berdasarkan hasil analisis ditemukan Model Piramida. Model ini sangat layak dilaksanakan dengan tingkat kemudahan sebesar 78,12%. Kategori mudah ini berdasarkan penilaian responden berada pada rentang 2,41 – 3,97, dengan 65% responden menyatakan mudah, dan 35% menyatakan sangat mudah. Walaupun demikian, tahap pengembangan silabus dan desain pembelajaran merupakan tahapan yang sulit walaupun tidak signifikan dibanding dengan melakukan orientasi, evaluasi, dan implementasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10169
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV