Show simple item record

dc.contributor.authorYulianto, Florensius Widodo
dc.date.accessioned2018-07-17T05:34:15Z
dc.date.available2018-07-17T05:34:15Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAkker, Jan Van Den, Gravemeijer K., McKenney S., dan Nieveen N.. (2006). Educational Design Researh. New York: Taylor and Francis Group Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu Bakker, A.(2004). Design Research in Statistics Education. Utrech: CD-β Press Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. Educational Design Research : a Theoretical Franework for Action Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik dan implementasinya. Yogyakarta: Tulip. Julie, H. (2016). Karakteristik Intertwining dalam Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar: Jurnal Sekolah Dasar. Vol. 25, No.2, hlm 109- 120. Kusumah, Y.S. (2003). Pengembangan Model Computer Based Media geogebra untuk Meningkatkan HighOrder Mathematical Thinking Siswa SMA. Usul penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi. Bandung. Prahmana, R.C.I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Rajawali Pers. Suryanto. (2010). Sejarah Pendidikan Matematika Realistik Indonesian (PMRI). Yogyakarta: Tidak diterbitkan.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10185
dc.description.abstractStruktur dan konsep matematika saling berkaitan (intertwining) sehingga kegiatan eksplorasi dibutuhkan untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain pembelajaran dalam menemukan hubungan diskriminan dengan banyaknya anggota himpunan penyelesaian dari SPLK berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 dan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian desain riset dengan pendekatan PMR. Pada kegiatan pembelajarannya, siswa diberikan masalah untuk menggambar suatu SPLK agar siswa dapat mengetahui bagaimana kedudukan garis terhadap parabola dengan bantuan aplikasi geogebra. Masalah selanjutnya yang dikerjakan siswa adalah menyelesaikan SPLK dengan metode aljabar kemudian menguji diskriminan persamaan kuadrat baru yang dihasilkan dan diakhiri dengan memberi kesimpulan. Dari pembelajaran yang telah dilaksanakan siswa terlihat antusias dan dari penelitian ini juga disimpulkan bahwa siswa dapat memahami hubungan antara diskriminan dari persamaan kuadrat baru dengan banyaknya anggota himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat (SPLK).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titleDesain Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Topik Sistem Persamaan Linear dan Kuadratid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record