Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawan, Iwan
dc.date.accessioned2019-01-30T02:31:52Z
dc.date.available2019-01-30T02:31:52Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationAbdullah, Amin. (2006). Islamic Studies Di Perguruan Tinggi:Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta:Pustaka Pelajar. ______________.(2002) Studi Agama:Normativitas atau Historisitas,Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ______________.(1997). Falsafah Kalam di Era Postmodernisme, Yogyakarta:Pustaka Pelajar. ______________,(2005) Pendidikan Agama Era Multikultural - Multireligius, Jakarta: PSAP. ______________(2000),Dinamika Islam Kult ural: Pemetaan Atas Wacana Keislaman Kontemporer, Bandung: Mizan. ______________(2002),Antara Al-Gazali dan Kant: Filsafat Etika Islam, Bandung: Mizan. Abidin Bagir, Zainal. (ed) (2005). Integrasi Ilmu dan Agama:Interpertasi dan Aksi, Bandung: Mizan. Alfian,(1989) Muhammadiyah:The Political Behaviour of A Muslim Modernist Organization Under Dutch Colonialism, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Al-Najjar,Zaghlul Raghib, (2013). Buku Pintar Sains Dalam Hadits, Jakarta:Zaman _____________________,(2010). Buku Induk Mukjizat Ilmiah Hadits Nabi, Jakarta: Zaman. Armstrong, Thomas.(2002) Sekolah Para Juara, Bandung:Kaifa Azra, Azyumardi (2002) Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru,(Jakarta: Logis Daniel Goleman, (2001) Emotional Intelligence,terj T Hermaya, Jakarta:Gramedia DePorter, Bebbi &Mike Hernacki, Quantum Learning: Membiasakan Belajara Nyaman dan Menyenangkan,terj Alwiyah Abdurrahman,(Bandung:Kaifa2001). Elzaky,Jamal (2011). Buku Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah, Jakarta: Zaman Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas,terj (Jakarta:LP3ES, 1995). __________(2002) .Politik Pendidikan,kebudayaan,kekusaan dan pembebasan,terj Agung Prihantoro, Yogyakarta:Pustaka Pelajar __________. (1984) Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan,Jakarta:Gramedia F Oneil, Wiiliam. (2002) Ideologi-Ideologi Pendidikan Kritis, terj Omi Intan Naomi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Fullen, Michael. (2001) The New Meaning of Educational Change, (New York:Teacher College Press Furchan, Arif.(2004) Transformasi Pendidikan Islam di Indoensia, Yogyakarta:Gama Media Goleman,Daniel.(2000) Emotional Intelligence,terj T Hermaya,Jakarta:Gramedia Ilyas,Yunahar.(2013). Kuliah Aqidah. Yogyakarta:Suara Muhammadiyah ___________.(2013). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah Ismaun, (2010).Filsafat Kemuhammadiyahan. Jakarta: UHAMKA Press Illich, Ivan.(2000) Bebaskan Masyarakat Dari Belenggu Sekolah,terj Sonny Keraf, Jakarta:Buku Obor Kuhn, Thomas S. (1970).The Structure of Scientific Revolutions, Chicago: University of Chicago Press, Kuntowijoyo,(2007) Islam Sebagai Ilmu, Yogyakarta:Tiara Wacana, Kuroyanagi, Tetsuko. (2003) Toto Chan: Gadis Cilik Di Ponggir Jendela, Jakarta:Gramedia Mahzar, Armahedi. (2004). Revolusi Integralisme Islam, Bandung: Mizan Mappa, Syamsu. (1994) Teori belajar Orang Dewasa. Jakarta: Departemen P dan K Meier, Meier.(2001) Accelerated Learning: Handbook, Bandung:Kaifa Nata, Abudin.(1997). Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta:Logos ___________(2005)Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta:RajaGrafindo Nggermanto, Agus.(2002) Quantum Quotient:Kecerdasan Kuantum,Bandung:Penerbit Nuansa Sadulloh, Uyoh dkk.(2011) Pedagogik, Bandung. Alfabeta Selligman, Martin.(2002) Authentic Happines,New York;Free Press Siberman, Mel.(2013) Active Learning:101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa. Suja’, Kyai. (2009). Islam Berkemajuan: Kisah Perjuangan KH Ahmad Dahlan Dan Muhammadiyah Masa Awal, Tangerang: Al-Wasath Tim Majelis Dikti PPM,(2016). Kemuhammadiyahan.Yogyakarta:Suara Muhammadiyah Zohar, Danah.& Marshal,(2001) SQ:Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam berpikir Integraslistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan,Bandung:Mizan.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-188-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10601
dc.description.abstractPendidikan merupakan pilar yang utama bagi persyarikatan Muhammadiyah, selain bidang Kesehatan dan Ekonomi. Dalam sejarah berdirinya Muhammadiyah, salah satu tujuannya untuk menaungi sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah didirikan Kiai Haji Ahmad Dahlan. Gagasan terpenting Muhammadiyah dalam dunia pendidikan adalah memadukan keilmuan umum dan keilmuan agama. Sehingga trade mark perguruan Muhammadiyah adalah memadukan ilmu umum dan Agama. Perguruan Tinggu Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) tentu memiliki ciri khas dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain yang bukan Muhammadiyah. Salah satu ciri khasnya adalah Mata Kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Saat ini diperlukan ide-ide segar dalam mengemas AIK menjadi Mata Kuliah yang menggugah dan mencerahkan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan Mata Kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan pengembangannya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan metode libray research dan wawancara mendalam. Subjek penelitian adalah Mahasiwa Univesitas Aisyiyah Yogyakarta. Untuk pengembangan Mata Kuliah AIK penulis menggunakan Teori Integrasi-Interkoneksi dari M Amin Abdullah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectAl Islam dan Kemuhammadiyahanid_ID
dc.subjectPengembangan AIKid_ID
dc.subjectIntegrasi-Interkoneksiid_ID
dc.titlePembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang Menggembirakan (dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record