Browsing Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta by Title
Now showing items 24-43 of 91
-
Kajian Konseptual Model Blended Learning Berbasis Web Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Artikel ini memaparkan kajian isi jurnal yang berasal dari beberapa hasil penelitian yang memfokuskan pada model blended learning dan pembelajaran berbasis web. Metodologi dalam kajian ini berdasarkan hasil jurnal ... -
Kata Pengantar dan Daftar Isi
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04) -
Keaktifan Belajar Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2016/2017
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi terhadap keaktifan belajar akuntansi, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar akuntansi, 3) pengaruh ... -
Keluar Malam, Belajar Tidak Terarah, Prestasi Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa Kost di Sekitar Kampus (Diambil dari Laporan Penelitian dengan Judul Perilaku Belajar Mahasiswa Kos di Sekitar Kampus)
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan deskripsi perilaku belajar mahasiswa kost di sekitar kampus. Model penelitian yang dikembangkan adalah etnografi, yaitu melakukan wawancara mendalam, melacak dokumen, dan melakukan ... -
Kesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah ... -
Komik Digital Berbasis PBL Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis: Sebuah Kajian Literatur
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan abad 21 yang perlu dilatihkan oleh guru kepada peserta didik melalui pemanfaatan teknologi yang sudah canggih. Sejalan dengan hal tersebut, dalam pembelajaran akuntansi ... -
Kompetensi Interpersonal Siswa Program Khusus dan Siswa Regular di SMP Batik Program Khusus Surakarta dan SMP Batik Surakarta Tahun 2016/2017
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan kompetensi interpersonal siswa Program Khusus dengan siswa Reguler di SMP Batik surakarta dan SMP Batik Program Khusus Surakarta tahun 2016/2017. ... -
Kontribusi KKN Dalam Pengembangan Soft Skills Mahasiswa
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Latar belakang penelitian ini adalah suatu fenomena bahwa kesuksesan lulusan Pergurun Tinggi dalam dunia kerja tidak cukup hanya berbekal pada kemampuan akademik dari bidang studinya saja, melainkan memerlukan bekal ... -
Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Mahasiswa
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Mahasiswa sebagai bagian anak milenial, telah menunjukkan perlaku khusus sebagaimana tuntutan zaman now. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh literasi ekonomi pada gaya hidup mahasiswa di Surakarta. ... -
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pendidikan berupaya untuk mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik agar siap memasuki dunia kerja dan masyarakat. Salah satu komponen penyelenggara pendidikan yang memiliki peran penting adalah guru. Guru dituntut ... -
Metode Pembelajaran Perspektif Al – Qur’an yang Efektif untuk Pembelajaran Generasi Milenial
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Masalah mendasar yang dihadapi pendidikan di era generasi milenial ini adalah tidak efektifnya metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan untuk tercapainya tujuan pembelajaran, ... -
Model Evaluasi Pendidikan Karakter di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model evaluasi pendidikan karakter yang dapat memberikan informasi bagi pimpinan sekolah dan guru mata pelajaran, baik dari segi isi, cakupan, format maupun waktu penyampaian, ... -
Model Manajemen Pendidikan Seni yang Efektif
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Kajian manajemen pendidikan dilakukan untuk memperoleh model manajemen pendidikan seni yang efektif. Potret pendidikan seni di Indonesia belum baik dan tidak efektif. Kurikulum yang ada berimplikasi pada proses belajar ... -
Model Sekolah dan Kelas Digital Masa Depan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Perkembangan teknologi secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pengelolaan teknologi pendidikan yang baik akan mewujudkan terciptanya pendidikan yang efektif. Tujuan dari penulisan artikel ini ... -
Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Pada Guru SMK Teknik Otomotif di Wilayah Purworejo
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Karena itu, profesi guru harus ... -
Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi; Studi Empiris di Universitas Negeri Semarang
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-04)Pengguna internet di Indonesia mencapai 143 juta pada Desember 2017. Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), hampir separuh dari total pengguna internet di Indonesia merupakan masyarakat ... -
Pembelajaran Berbasis Praktik Kompetensi Keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo
(Seminar Nasional Pendidikan 2019, 2019-04)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: 1) Perencanaan pembelajaran berbasis praktik keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo; 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis praktik keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo; ... -
Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Akuntansi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif akuntansi ... -
Pemberdayaan Guru Melalui Teacher Research Pedagogic (TRP) sebagai Upaya Mengembangkan Profesionalisme Guru (Suatu Kajian Literatur)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-24)Guru merupakan salah satu unsur dalam dunia pendidikan, tanpa adanya guru maka kualitas pendidikan tidak akan menjadi lebih baik. Guru profesional merupakan seorang guru yang dapat mengembangkan kualitasnya, sehingga apabila ... -
Pembuatan Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Materi Overhaul Sepeda Motor Matic
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan media pembelajaran audio visualyang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran Teknologi Sepeda motor khususnya pada materi Overhaul ...