Show simple item record

dc.contributor.authorRohmah, Wafrotur
dc.contributor.authorMeilani, Nur Chandra
dc.contributor.authorWidayanti, Astri
dc.date.accessioned2019-05-28T05:42:58Z
dc.date.available2019-05-28T05:42:58Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationKurniawan, Agung. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Praktek Pemesinan di SMK Pancasila 1 Wonogiri. Di akses dari 1 pada tanggal 4 Maret 2019 Pukul 14:12 WIB. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 78 Tahun 2008 tentang ujian nasional dan keputusan BSNP. Sugiyono . (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Develompent/ R&D). Bandung: Alfabeta. Sukardi, Thomas. (2016). Model Pembelajaran Produktif Teknik Pemesinan. Di akses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/prof-dr-thomas-sukardi-mpd/pembelajaranproduktif. pdf pada tanggal 4 Maret 2019 Pukul 19:55 WIB. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. (2003). Yogyakarta: Media Wacana Press.id_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10749
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: 1) Perencanaan pembelajaran berbasis praktik keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo; 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis praktik keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo; 3) evaluasi pembelajaran berbasis praktik keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru praktik SMK Muhammadiyah 1 Sukohajo jurusan teknik pemesinan dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Data penelitian ini berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan data dengan melakukan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis data flow model meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengelolaan pembelajaran berbasis praktik kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) mengetahui faktor pendukung yang mampu mendorong pelaksanaan pembelajaran berbasis praktik kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, serta faktor penghambat yang mampu diselesaikan dalam memperbaiki pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis praktik kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2019id_ID
dc.titlePembelajaran Berbasis Praktik Kompetensi Keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjoid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record