Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Ika
dc.contributor.authorWahyudi, Tri Nur
dc.date.accessioned2019-05-28T05:52:57Z
dc.date.available2019-05-28T05:52:57Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationBuzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Creswell, J. M. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed: Cetakan ke- 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8 (1). Diakses pada 21 April 2019, dari https:/ /journal. Uny .ac. id/ index .php/jep/article/viewFile/706/570. Purnamiati, G. D., & Arnyana, L. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD No 3 Benoa Kabupaten Badung. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 7. Diakses pada 11 Oktober 2018, dari http://119.252.161.254/e-journal /index.php/jurnal_pendas/article/view/2226. Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.id_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10753
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang implementasi penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di era industry 4.0 yaitu penggunaan media pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendiskripsikan pembuatan Mind Mapping dan penggunaan media pembelajaran Mind Mapping dalam kegiatan pembelajaran ekonomi. 2) Untuk mengetahui tanggapan guru atas diterapkannya media pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1 SMA Negeri Nawangan. 3) Untuk mengetahui tanggapan siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri Nawangan atas penerapan media pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dasar pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dengan diterapkannya media pembelajaran Mind Mapping guru lebih mudah dalam menyajikan materi terhadap siswa, serta dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi. 2) dengan diterapkannya media pembelajaran Mind Mapping dapat mempermudah siswa dalam memahami materi dan dapat menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan siswa lebih tertarik dalam proses pembelajaran ekonomi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2019id_ID
dc.titleImplementasi Media Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Era Industri 4.0 (Studi Kasus di SMA Negeri Nawangan)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record