• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemanfaatan TIK untuk Promosi Kampung Wisata di Kota Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (708.4Kb)
    Date
    2019-04
    Author
    Putra, Nanda Dwi
    Dirgahayu, Teduh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata di Indonesia memiliki berbagai macam destinasi pariwisata, diantaranya wisata alam, seni budaya, kuliner serta peninggalan sejarah. Kota Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan. Destinasi wisata yang berada di Kota Yogyakarta dikemas dengan bentuk Kampung Wisata. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Pengelola kampung wisata belum memiliki strategi teknologi informasi untuk promosi kampung wisata. Promosi terhadap kampung wisata dengan pemanfaatan TIK dapat digunakan sebagai upaya untuk memperkenalkan keberadaan kampung wisata, meningkatkan okupansi kunjungan, menarik minat wisatawan dan memberikan layanan informasi tentang kampung wisata kepada wisatawan. Namun, keterbatasan kemampuan sumber daya yang dimiliki kampung wisata menjadi kendala pemanfaatan TIK untuk melakukan promosi dan memberikan informasi. Metodologi penelitian dalam penelitian ini terdiri dari lima tahapan yakni: Tahap studi literatur; Tahap pengumpulan informasi; Tahap analisis permasalahan, menganalisis informasi dari hasil pengumpulan informasi menggunakan metode SWOT; Tahap perumusan draf strategi TI, mendesain strategi TI menggunakan IT BSC dari hasil analisis permasalahan; dan Tahap evaluasi dan validasi strategi TI, dilakukan evaluasi dan validasi strategi TI yang telah dihasilkan. Penelitian ini menghasilkan 11 strategi TI untuk promosi kampung wisata di Kota Yogyakarta. 11 strategi TI tersebut telah dilakukan evaluasi dan validasi oleh pihak Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dapat diterima dan diimplementasikan sehingga menyatakan bahwa 11 strategi TI yang dihasilkan valid. Sehingga, strategi pemanfaatan TIK untuk promosi kampung wisata di Kota Yogyakarta yang didesain dan dihasilkan dapat diterapkan dan dipergunakan untuk promosi wisata lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10814
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV