• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Think Pair Share berbasis Saintifik Berbantuan Media Videoscribe untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (753.4Kb)
    Date
    2019-04
    Author
    Arini, Narita Dyah
    Joyoatmojo, Soetarno
    Riani, Asri Laksmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Revolusi industri 4.0 menuntut bidang pendidikan ikut serta mengubah tingkah laku peserta didik demi menciptakan sumber daya manusia yang dewasa dan tangguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Think Pair Share berbasis saintifik berbantuan videoscribe dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 yang berjumlah 35 orang, dan kelas X IPS 4 yang berjumlah 36 orang di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, metode kombinasi yang digunakan adalah tipe convergen parallel mixed methods yaitu peneliti dalam waktu yang sama mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, menganalisis data secara terpisah, dan membandingkan hasilnya untuk mengetahui apakah temuan tersebut saling melengkapi atau tidak. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar di kelas X IPS 1 yakni dari 66,84% sebelum memperoleh tindakan meningkat menjadi 72,44% setelah memperoleh tindakan pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 81,29% setelah memperoleh tindakan siklus II. Pada X IPS 4 dari 63,93% sebelum memperoleh tindakan menjadi 70,20% setelah memperoleh tindakan siklus I kemudian kembali meningkat menjadi 81,48% setelah memperoleh tindakan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbasis saintifik berbantuan videoscribe pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga menciptakan efektifitas pembelajaran bagi peserta didik dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10815
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV