Browsing Seminar Nasional Teknik Sipil VI 2016 by Title
Now showing items 33-52 of 57
-
Pembatasan Kecepatan Maksimum dan Kaitannya Terhadap Kapasitas Lintas Jalur Kereta Api Muara Enim – Lahat Sumatera Selatan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Pengembangan jaringan transportasi yang handal dan berkapasitas besar akan mendukung program Nawa Cita pemerintah sekaligus akan mengoptimalkan pemanfaatan potensi batubara di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan. Salah ... -
Pemilihan Teknologi Pembangunan Drainase dengan Metode AHP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Pemerintah perlu memperhatikan sistem pengelolaan air hujan pada suatu kawasan dalam rangka konservasi air, yaitu dengan memperhatikan sistem drainase. Banjir dan genangan disebabkan oleh rendahnya kemampuan sistem drainase ... -
Penentuan Saturation Limit Sebagai Batas Kejenuhan Tanah Terhadap Infiltrasi Air Pada Lanau Berplastisitas Tinggi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Berbeda dengan definisi Atterberg limit di ilmu geoteknik, saturation limit adalah kadar air di mana akibat proses inflitrasi air (misalnya, saat hujan), pori tanah sudah tidak mampu lagi menampung air sehingga volume tidak ... -
Penerapan “Earned Value Method” dan “Project Crashing” pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus :Proyek Pembangunan Gedung PONEK RSUD Sunan Kalijaga Kecamatan Demak, Kabupaten Demak)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Proyek merupakan suatu kegiatan yang bersifat dinamis, yang harus tanggap dengan perubahan-perubahan keadaan apabila proyek ingin berjalan dengan lancar dan sukses.Pengendalian proyek dibutuhkan untuk mengetahui dan ... -
Pengaruh Jenis Air Pencampur dan Perendaman Terhadap Perilaku Kekuatan Tekan Mortar Campuran Semen-Pasir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekuatan tekan mortar yang pembuatannya menggunakan air tawar; air laut; dan air garam sebagai air pencampurnya. Sampel dari kubus mortar ukuran 5x5x5 cm3, komposisi ... -
Pengaruh Kekangan Kombinasi Wire Rope dan Wire Mesh Terhadap Kuat Tekan Silinder Beton
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Tulisan ini mengevaluasi efektifitas kinerja kekangan kombinasi wire rope dengan wire mesh. Dua puluh empat buah silinder beton normal yang terbagi dalam 3 kelompok yakni 1) silinder terkekang kombinasi wire rope spasi ... -
Pengaruh Usaha Preventif Untuk Mengurangi Resiko Lakalantas Ditinjau dari Pemahaman Pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Ngawi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Kecelakaan lalu lintas merupakankejadian di mana sebuah kendaraan bermotor bertabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya lakalantas diantaranya faktor manusia termasuk ... -
Penggunaan Metode AHP dan Topsis Dalam Penentuan Pengambilan Sampel Uji Petik Dalam Pelaksanaan Pemeriksaaan Pekerjaan Konstruksi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Dewasa ini perkembangan dunia jasa konstruksi tanah air semakin pesat, terutama pada dunia jasa konstruksi pemerintahan. Perkembangan yang pesat tersebut turut menuntut perkembangan laporan keuangan dari pelaksana jasa ... -
Penilaian Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Pertumbuhan Bangkitan Dan Tarikan Lalu Lintas (Studi Kasus Industri Cold Storage Banyuwangi)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Semakin tinggi kegiatan perekonomian pada suatu wilayah biasanyaakan berakibat pada pertumbuhan Lalu Lintas. Kondisi ini pada umumnya linear dengan pembangunan pusat – pusat kegiatan ( Bangkitan / Tarikan ). Menyadari ... -
Perbandingan Penentuan Pembobotan Evaluasi Teknis Jasa Konsultansi Menggunakan Metode AHP dan Fuzzy
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Salah satu isi Perpres 54/2010 beserta perubahannya adalah mengenai seleksi jasa konsultansi. Pada seleksi jasa konsultansi yang dilakukan oleh Pokja ULP biasanya menggunakan sistem merit poin karena penentuan pemenang ... -
Perencanaan Konstruksi Dinding Penahan Tanah pada Underpass Jemursari Surabaya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Jumlah kendaraan di kota Surabaya sudah menembus 3.610.029 unit pada tahun 2009 dan semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan pertumbuhan rata-rata 83.798 unit atau terjadi pertambahan kendaraan bermotor sebanyak14.000 ... -
Perilaku Kolom Beton Yang Diperkuat Kombinasi Wire Rope dan Wire Mesh
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Kolom-kolom struktur yang dibangun sebelum Code-Code kegempaan diterapkan berpotensi mengalami keruntuhan saat gempa terjadi. Untuk meningkatkan kinerja elemen dan menghindari resiko keruntuhan dan kehilangan investasi ... -
Perilaku Kuat Tekan Dan Kuat Lentur Dinding Pasangan Batu Bata Dengan Perkuatan Diagonal Tulangan Bambu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Dinding rumah tinggal merupakan elemen yang mudah mengalami kerusakan ketika terjadi gempa bumi. Kerusakan dinding akan sangat parah apabila tidak direncanakan untuk meredam beban gempa. Untuk meminimalkan kerusakan maka ... -
Perilaku Sambungan Balok-Kolom Pracetak Tipe Plat Akibat Beban Bolak Balik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Teknologi beton pracetak ini tampil sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan efesiensi yang tinggi, menggantikan sistem konversional. Efesiensi pada sistem pracetak ini tentu tidak berlaku umum dan tanpa kendala tergantung ... -
Prioritas Pendanaan Pemeliharaan Jalan Berdasarkan Ketersediaan Dana Swakelola Di Kabupaten Pinrang dengan Metode LAM dan SAW
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Salah satu kendala dalam PemeliharaaJalan adalah terbatasnya anggaran, selain itu prioritas penanganan Pemeliharaan Jalan lebih didominasi oleh kebijakan politis yang dimiliki oleh setiap pemangku kepentingan (Stakeholders). ... -
Studi Eksperimen Sambungan Balok Model Takik Terhadap Perilaku Joint Interior Pracetak Akibat Beban Siklik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Indonesia adalah salah satu negara yang terletak diantara 3 lempeng besar yang ada di dunia. Hal ini menyebabkan indonesia adalah negara yang sangat rentan terhadap kejadian gempa. Pada saat terjadi gempa maka bagian yang ... -
Studi Eksperimental Sambungan Baut-Gusset Plate pada Struktur Gable Frame Tiga Sendi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Produk teknologi kayu sudah semakin banyak digunakan di Indonesia, salah satunya adalah Laminated Veneer Lumber (LVL). Kayu yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan LVL di Indonesia adalah Sengon. Penelitian ini ... -
Studi Karakteristik Kepadatan dan CBR Bahan RAP Bergradasi Cooper
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)RAP (Reclaimed Asphalt Pavement) adalah bahan limbah dari hasil penggalian dan penghacuran lapis perkerasan jalan yang telah mengalami rusak parah. RAP dapat dimanfaatkan kembali menjadi campuran perkerasan melalui teknologi ... -
Studi Komparasi Kapasitas Lentur U-Ditch Pracetak Produk Lokal dengan Produk Jepang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Konstruksi beton pracetak telah berkembang pesat pada dunia konstruksi di negara-negara moderen maupun berkembang. Penggunaan konstruksi pracetak memberikan beberapa keuntungan seperti kualitas struktur yang baik, pelaksanaan ... -
Studi Pengaruh Sistem Pembayaran Tenaga Kerja Terhadap Motivasi Pekerja Konstruksi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-25)Industri konstruksi merupakan salah satu sektor industri yang sangat bergantung pada tenaga kerja dan keberhasilannya juga dipengaruhi oleh tenaga kerja. Tenaga kerja dituntut untuk bekerja secara produktif dan efisien. ...