• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa pada Konsep Virus dan Bakteri Kelas X

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (399.9Kb)
    Date
    2019-04
    Author
    Sriyati, Siti
    Rukmana, Putri Enizs Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan peneltian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa melalui penerapan pembelajaran pengajuan masalah pada konsep virus dan bakteri di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung pada bulan April- Oktober 2018. Instrumen penelitian terdiri dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berisi wacana yang merangsang siswa untuk bertanya, rubrik klasifikasi pertanyaan siswa berdasarkan level pertanyaan inkuiri dari Costa dan rubrik klasifikasi pertanyaan berdasarkan pertanyaan terbuka dan terturup serta angket respon siswa terhadap pembelajaran pengajuan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan bertanya siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1, pertanyaan level 1 (mengingat & memahami) mendominasi pertanyaan siswa yaitu sebesar 55,01%, kemudian berturut-turut level 2 (menerapkan dan menganalisis) dan level 3 (menilai dan menunjukkan bukti) sebesar 36,08& dan 8,92%. Pada siklus dua pertanyaan level 1 menurun (29,25%), sedangkan pertanyaan level 2 (59,79%) dan 3 (10,97%) meningkat. Begitu juga untuk pertanyaan terbuka (membutuhkan banyak alternatif jawaban) meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 pertanyaan terbuka hanya 66,93% sedangkan pada siklus 2 menjadi 90,55%. Sedangkan pertanyaan tertutup (hanya memiliki satu jawaban) menurun dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 30,07% menjadi 9,46%. Respon siswa terhadap pembelajaran pengajuan masalah menunjukkan respon yang positif dari aspek ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, manfaat dan penilaian siswa terhadap pembelajaran pengajuan masalah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11357
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV