• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Memanfaatkan Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaran

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (366.8Kb)
    Date
    2019-04
    Author
    Susanti, Baiq Hana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fenomena pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di sekolah semakin bergaung. Bahkan dalam kurikulum 2013 yang sedang berlangsung, TIK memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, termasuk didalamnya adalah penggunaan perangkat pembelajaran seperti media pembelajaran. Selain itu penggunaan media sosial sudah sangat melekat dan dekat dengan kehidupan sosial masyarakat, termasuk mahasiswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa memanfaatkan media sosial sebagai sarana pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Agustus 2018. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian dan angket. Media pembelajaran yang dikembangkan oleh mahasiswa dibagi berdasarkan media sosial yang digunakan dalam publikasi media pembelajaran tersebut. Pengembangan media pembelajaran diberikan pilihan pada empat platform besar media sosial yaitu blog, facebook, istagram dan twitter. Hasil penelitian pendahuluan memperlihatkan bahwa seluruh mahasiswa sudah mampu dan biasa menggunakan media sosial tersebut, hanya penggunaannya masih sebatas untuk sekedar berkomunikasi akan tetapi belum terpikirkan untuk memanfaatkan media sosial tersebut sebagai sarana pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, media sosial yang dikembangkan oleh mahasiswa sudah cukup bervariasi baik dari jenis media maupun konten yang dikembangkan. Konten media pembelajaran dalam media sosial yang dikembangkan sudah sesuai dengan tuntutan materi yang harus di ajarkan berdasarkan kurikulim 2013. Selain itu, media sosial sudah memuat kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang wajib dimiliki oleh siswa. Penggunaan jenis-jenis media seperti teks, gambar, video, infografik dan bagan juga sudah dilakukan dengan baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11358
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV