• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Metode Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (270.8Kb)
    Date
    2019-04
    Author
    Marhento, Giry
    Alamsyah, Mashudi
    Siburian, Martua Ferry
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada peningkatan hasil belajar Biologi melalui metode Diskursus Multy Reprecentacy pada peserta didik kelas VII di MTs Khairul Ummah Jakarta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dengan 3 siklus yaitu Prasiklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Sampel yang digunakan adalah peserta didik Kelas VII yang berjumlah 38 peserta didik. Pengumpulan data berupa tes di setiap akhir proses belajar mengajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh data dari prasiklus peserta didik yaitu belum ada peserta didik yang lulus KKM atau mendapatkan nilai >70 dari 38 peserta didik, dan pada data siklus I peserta didik yang lulus KKM 13 atau 34% dari 38 peserta didik, dan pada siklus II peserta didik yang lulus KKM 32 atau 82% dan pada siklus III peserta didik yang lulus KKM yaitu 38 atau 100% dari 38 peserta didik, serta 75% aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Diskursus Multy Reprecentacy memiliki dampak yang baik pada hasil belajar dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus terutama pada materi Ekosistem dapat dijadikan salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas VII MTs Khairul Ummah Jakarta Utara.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11360
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV