Show simple item record

dc.contributor.authorRahayuningsih, Sri Puji
dc.date.accessioned2019-08-20T04:11:11Z
dc.date.available2019-08-20T04:11:11Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11462
dc.description.abstractKurikulum merupakan jantung dari sebuah system pendidikan. Kurikulum merupakan cara bagaimana lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah, harus megambil langkah dalam mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum juga mengatur semua manajemen sekolah termasuk silabus untuk semua mata pelajaran yang akan diimplementasikan di dalam proses belajar mengajar di kelas. Beberapa ahli telah merumuskan petunjuk silabus dan semua persyaratan ataupun indicator yang bisa memfasilitasi guru dalam melaksanakan atau menyampaikan materi atau bahan ajar saat berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas. Ada dua jenis silabus yaitu sintetik atau silabus berdasarkan produk serta silabus analitis atau silabus berdasarkan proses. Silabus sintetik sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu Pendekatan Struktural, Silabus situasional, dan Silabus fungsional. Sedangkan Silbus Analitis terdiri dari Prosedur, Proses, Silabus berdasarkan gugus tugas, Silabus Siswa Terbimbing dan Pendekatan Proporsional. Kurikulum yang berkembang di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan sesuai dengan perkembangan pendidikan di dunia. Seiring dengan perubahan kurikulum dari berbagai periode waktu, maka silabus pembelajaranpun juga mengalami penyesuaian terhadap perubahan tersebut. SMP Negeri 1 Sukoharjo sebagai salah satu sekolah sasaran telah mengaplikasikan Kurikulum 2013 tersebut selama tiga tahun. Inti dari implementasi Kurikulum 2013 pada proses belajar mengajar di kelas adalah penerapan pendekatan saintifik dengan lima tahap pembelajaran yaitu mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi (experimenting), mengasosiasi Associating), dan mengomunikasi (communicating). Hasil dari analisis silabus Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas VII menunjukkan bahwa silabus tersebut termasuk dalam silabus analitis dan mempunyai susunan yang baik pada penyusunan tingkatan kesulitan materi (grading) dan pada urutan materi dalam silabus (sequencing).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016id_ID
dc.titleAnalisis Text Silabus Bahasa Inggris Kelas VII pada Kurikulum 2013 pada SMP Negeri 1 Sukoharjoid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record