• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (500.3Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Arifina, Dewi Surya
    Masduki, M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Indikator yang digunakan yakni (1) Koneksi antar topik dalam matematika. (2) Koneksi antar topik matematika dengan disiplin ilmu lain. (3) Koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang kemudian dipilih 2 siswa sebagai subjek FI dan FD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Keabsahan data menggunakan metode tringulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika siswa kategori FI sudah mampu memahami permasalahan dan mengaitkan permasalahan dengan ketiga indikator koneksi matematis dengan baik. Sedangkan siswa kategori FD kurang mampu dalam memahami permasalahan yang ada, serta belum mampu mengaitkan permasalahan pada soal dengan ketiga indikator dari koneksi matematis. Siswa dengan kategori FD belum mampu menemukan solusi dari permasalahan pada soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika kemampuan koneksi matematis siswa dengan kategori field independent sudah baik, sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan kategori Field dependent masih kurang baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12199
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV