Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Nurul Tri
dc.contributor.authorSumardi, S
dc.date.accessioned2020-09-28T07:26:20Z
dc.date.available2020-09-28T07:26:20Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationDewanthi, Sinta Sih. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery untuk Memfasilitasi Berpikir Kritis. Dalam Murtadho, Ali (Eds.) Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Isu-isu Global: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 7 Maret 2015 (hal. 187-199). Surakarta: Muhammadiyah University Press. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5988 Klimoski, R., & Palmer, S. (1993). The ADA and the hiring process in organizations. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 45(2), 10-36. doi:10.1037/1061-4087.45.2.10. Kwon, O.N. (2002). Conceptualizing the Realistic Mathematics Education Approach in the Teaching and Learning of Ordinary Differential Equations. Presented at International Conference on the Teaching of Mathematics (at the Undergraduate Level), Hersonissos, Crete , Greece, July 1-6, 2002. Newell, A. & Simon, H. (1972). Human Problem Solving. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. Nugroho, Zuhdha B. & Harta, Idris. (2013). The Backgrounds of Female Student’s Enrollment at The Mathematics Education Department of Muhammadiyah University of Surakarta. Dalam Murtadho, Ali., Wardoyo, Ali & Setyawan, Yusuf M (Eds.), Kurikulum Matematika 2013: Berpikir tingkat tinggi dan berakhlak mulia: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 15 Mei 2013 (hal. 182-188). Surakarta: Fairuz Media. Schoenfeld, A. H. (1987). What’s all the fuss about metacognition? in A. H. Schoenfeld (Ed.), Cognitive Science and Mathematics Education. Hillsdale, NJ: Erlbaum. Sillick, T. J., & Schutte, N. S. (2006). Emotional intelligence and self-esteem mediate between perceived early parental love and adult happiness. E-Journal of Applied Psychology, 2(2), 38–48. Diakses dari http://ojs.lib.swin.edu.au/index.php/ejap Skemp, R. R. (1987). The Psychology of Learning Mathematics. New Jersey, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. Stromberg, Anna. (2002). Trustworthiness in Qualitative Methods. Diakses dari https://www.hu.liu.se/larc/utbildning-information/scientific-methodology/kursmaterial/1.407212 /SciMeth_validitet_strmberg.pdf Wijaya, Ariyadi., Heuvel-Panhuizen, Marja van den., Doorman, Michiel., & Robitzsch, Alexander. (2014). Difficulties in Solving Context Based PISA Mathematics Tasks: An Analysis of Student’s Errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555 – 585.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12218
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kesesuaian soal penilaian tengah semester matematika terhadap instrument matematika berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS). (2) Menganalisis kesesuaian instrument matematika pada soal penilaian tengah semester yang berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS). (3) Menganalisis hasil pekerjaan peserta didik. Berdasarkan pendekatannya penelitian ini adalah deskriptif kualitataif. Waktu penelitian pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah hasil pekerjaan 3 orang peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal penilaian tengah semester (PTS) sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator. Soal penilaian tengah semester yang terdiri dari 5 soal uraian, 4 diantaranya termasuk dalam kategori HOTS dari aspek menganalisis dan mengevaluasi. Dari hasil pekerjaan siswa tersebut diperoleh siswa dari kelompok atas mampu mengerjakan soal tipe HOTS. Siswa dari kelompok menengah cukup mampu mengerjakan soal tipe HOTS. Sedangkan, siswa dari kelompok bawah kurang mampu mengerjakan soal tipe HOTS.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleKesesuaian Instrumen Matematika Berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS) pada Soal Penilaian Tengah Semesterid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record