Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Arum Dwi
dc.contributor.authorSupriyanto, Djoko Hari
dc.date.accessioned2020-10-22T04:13:13Z
dc.date.available2020-10-22T04:13:13Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAziz safa (ed).2007.Psikologi pendidikan refleksi teoritis terhadap fenomena. Yogyakarta : Ar-ruzz media Group Baharuddin H, Drs.dan Esa Nurwahyuni ,M.pd.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-ruzz media Group Budi, Haryanto. 2011. Teori Pemecahan Masalah Polya. Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA Herman Hudoyo. 2005. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran Matematika. Malang : Universitas negeri Malang Jensen, Eric. 2008. Brain-Based Learning Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak, Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA Nana, Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA Pangestu Subagyo,Drs,M.Ba dan Djarwanto,Drs.2005.Stastika induktif. yogyakarta : BPFE Yogyakarta Rikard Rahnad (ed).2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuhdan Berkembang. Surabaya : Erlangga Santrock, john w. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Sugiono. 2002. Metode Penelitian. Bandung : Rineka cipta Sugiyono. 2007. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfa beta Suharnan, Prof. Dr, M. s. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya : Srikandi Umi Salamah. 2005. Membangun Kompetensi Matematika Untuk Kelas VII Smp. Solo : PT Wangsa Jatra Lestariid_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12225
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa SD dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan denganmeliputi langkah memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah sesuai langkah kedua dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh.Subyek penelitian adalah enam siswa kelas I SD N wakah 2 Kecamatan Ngrambe. Pengambilan subyek berdasarkan tingkat prestasi belajar matematika siswa yakni siswa berkemampuan tinggi dua siswa, siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah masing-masing dua. Metode tes dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu membandingkan data hasil tes dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, model data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kriteria tinggi menunjukkan bahwa siswa tersebut berkecenderungan memiliki proses berpikir yang baik dalam menguraikan jawaban secara terperinci sesuai prosedur yang runtut, tepat dan benar dalam menyelesaikan soal satuan pengukuran panjang, (2) Siswa kriteria sedang menunjukkan bahwa siswa tersebut berkecenderungan memiliki proses berpikir yang cukup dalam menguraikan jawaban secara terperinci yaitu menyelesaikan soal satuan pengukuran panjang dengan prosedur yang runtut tetapi kurang tepat, (3) Siswa kriteria rendah menunjukkan bahwa siswa tersebut berkecenderungan memiliki proses berpikir yang kurang yaitu tidak dapat menyelesaikan soal satuan pengukuran panjang dengan prosedur yang benar sesuai langkah-langkah penyelesaian masalah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleProses Berpikir Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Satuan Pengukuran Panjang pada Pembelajaran Matematika Humanistikid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record