PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN PEMAKAIAN ALAS KAKI TERHADAP INSIDENSI KECACINGAN PADA SISWA SD
View/ Open
Date
2021Author
Bestari, Rochmadina Suci
Ayu, Narita Santika
Aisyah, Riandini
Wijayanti, Atik
Metadata
Show full item recordAbstract
Kecacingan dapat menghambat pertumbuhan terutama pada anak usia sekolah dasar. Pengetahuan
dan sikap merupakan faktor penting dalam tindakan seseorang, dalam pencegahan kecacingan.
Bermain di tanah tanpa menggunakan alas kaki mempermudah terjadinya infeksi kecacingan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan, sikap dan penggunaan alas
kaki terhadap insidensi kecacingan pada siswa SD Negeri Makamhaji 03 Sukoharjo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel
dilakukan secara simple random sampling sebanyak 51 subyek. Instrumen penelitian menggunakan
kuesioner tingkat pengetahuan dan sikap pada kecacingan, serta kebiasaan penggunaan alas kaki.
Pemeriksaan feses dilakukan secara kualitatif dengan metode langsung (direct) menggunakan
larutan Eosin. Hasil dari penelitian ini ditemukan siswa yang positif kecacingan sebanyak 2 siswa
(3,9%), yang disebabkan oleh Hookworm (100%). Hasil analisis data menggunakan uji statistik
Fisher menunjukkan hubungan antara tingkat pengetahuan dengan insidensi kecacingan p=0,022
atau p < 0,05), hubungan sikap siswa dengan insidensi kecacingan didapatkan p=0.043, hubungan
antara penggunaan alas kaki dengan insidensi kecacingan p= 0,028 atau p < 0,05). Kesimpulan
penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan insidensi
kecacingan, sikap dengan insidensi kecacingan dan penggunaan alas kaki dengan insidensi
kecacingan pada siswa SD Negeri Makamhaji 03 Sukoharjo.