Show simple item record

dc.contributor.authorAstuti, Dwi
dc.contributor.authorMasykuri, Mohammad
dc.contributor.authorMaridi, M
dc.date.accessioned2020-12-14T05:52:52Z
dc.date.available2020-12-14T05:52:52Z
dc.date.issued2020-07
dc.identifier.citationAngkowo, R dan A. Kokasih. 2011. Optimalisasi Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Grasindo. A. Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina, XIV(1), 71–95. Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Bariyah, L. (2014). Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMP di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kurikulum 2013. Jurnal BioEdu - Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi UNESA, 3(3), 453–460. Beers, S. (2011). 21st Century Skills : Preparing for Their Future. London : ASD Author. Bissell, & Lemons, P. (2006). A new method for assessing critical thinking in the classroom. BioScience, 56(1), 66–72. https://doi.org/10.1641/00063568(2006)056 Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta. Gaya Media. Diharjo, R. F., Budijanto, & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya kemampuan berfikir kritis siswa dalam paradigma pembelajaran konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs, 4(39), 445–449. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/899/571 Elok Norma Khabibah, Mohammad Masykuri, Maridi. (2017). The Effectiveness of Module Based on Discovery Learning to Increase Generic Science Skills.Journal of Education and Learning. Vol.11 (2) pp. 146-153.DOI: 10.11591/edulearn.v11i2.6076 Ennis, R.H. (1986). A Taxonomy of Critical Thinking Dispositions and Abilities. In J. Baron and R Ennis, R. H (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Educational Leadership, 1985. Retrieved from http://eric.ed.gov/?id=EJ327936 Fazriyah, N. (2016). Kemampuan Berfikir Kritis pada Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas, Komunikasi, Dan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Abad 21: Inovasi Pembelajaran Abad 21, 1, 285. Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga. Fuadi, Nurzakiah F, Hamdu G. dan Natalina D. (2016). "Analisis Strategi Pembelajaran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar". Vol 2. No 1. Hal : 25 Hariyatmi, Krisnaningrum, A., & Megatywie, I. (2018). Kemampuan Guru Biologi MAN Surakarta Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 2015, 534–544. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Kholifah, nisa. (2013). Kesesuaian antara Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Man Wonokromo Bantul Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers Mager F.R., 1975.Preparing Instructional Objectives,Secondedition,California, Pitman Learninginc. Mantovani, S. (2007). Pelaksanaan KTSP di SMA Nasional Karangturi Semarang (Strategi dan Implementasi). Semarang: UNNES Press M. Hosnan (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia. Muhfahroyin. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, Vol 16, Nomor 1. Mulyasa. (2007).Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Muzamiroh, M. L. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena. Natsir, Yuliana .,Yunisrina Qismullah Yusu f., Ulva Fiolina Nasution. (2017). The Rise and Fall of Curriculum 2013: Insights on the Attitude Assessment from Practicing Teachers. SHS W eb of Conferences 42 , 00010 (2018) https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200010 GC-TALE 2017 Prabowo, P. P. (2014). " Kemampuan Keterampilan Bertanya Guru Biologi Sma Muhammadiyah Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2014/2015". Skripsi. Surakarta : Sarjana Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Reigeluth, 1987. Instruksional Theories in Action, Hilsdale, New Jersey – Hove and London : Lawrence Erlbaum, Associates, Publisher Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories. Jakarta : Pustaka Belajar. Slavin, E. . (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Indeks. Sternberg (Ed.). Teaching Thinking Skills: Theory And Practice. W. H. Freeman. Sumarni, Afifah, N., & Dahlia. (2016). Analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran biologi kelas x di sms/sederajat se kecamatan kepenuhan tahun pembelajaran 2015/2016. Surya, H. 2013. Belajar Orang Genius. Jakarta: Pt. Gramedia Trilling, B., & Fadel. (2009). 21st Century Skills. Learning For Life In Our Time. San Fransisco : Jossey-Bass. Umami, Riya. (2019). Pengembangan Media Fotonovela Berbasis PBL (Problem Based Learning) Materi Siste Pernapasan Manusia pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. UIN Walisongo Semarang. Utami,B., Probosari, R.M.., Saputro S.., Ashadi., Masykuri M., Sutanto A. (2018). Students' Critical Thinking Skills Profile: Constructing Best Strategy In Teaching Chemistry. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE). (Vol. 2 | Focus Issue-January 2018).id_ID
dc.identifier.issn2685-8770
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12269
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi penting untuk menguasai materi sistem pernapasan. Salah satu bentuk adaptasi guru terhadap materi tersebut adalah guru harus memiliki kemampuan dalam merencanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketercukupan perencanaan pembelajaran guru sesuai tuntutan kurikulum 2013 dan ketercukupan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan. Data kesesuaian kurikulum 2013 dipeoleh dari penilaian rencana pembelajaran (RPP) guru dan wawancara, data kemampuan berpkiri kritis diperoleh dari observasi dan wawancara Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketercukupan perencanaan pembelajarn guru sesuai tuntutan dengan kurikulum 2013 sebesar 75% dengan kriteria baik, ketercukupan kemampuan berpikir kritis sebasar 67,6% dengan kriteria sedang. Dengan demikian ketercukupan RPP guru materi sistem pernapasan terhadap kurikulum 2013 adalah baik dan ketercukupan kemampuan berpikir RPP guru materi sistem pernapasan adalah sedang.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-5id_ID
dc.titleAnalisis Ketercukupan Perencanaan Pembelajaran Guru sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Pernapasanid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record