• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP FASILITAS PUSKESMAS DI SUKOHARJO

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (605.0Kb)
    Date
    2021-02
    Author
    Puspitasari, Klaudia Vindy
    Lestari, Nining
    Pramuningtyas, Ratih
    Ichsan, Burhannudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepuasan pasien BPJS atau peserta asuransi merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan dalam menentukan keberhasilan program pelayanan. Kepuasan pasien merupakan tujuan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan/pasiennya. Pelayanan kesehatan BPJS menitikberatkan pada Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)/ fasilitas kesehatan primer, seperti di puskesmas. Fasilitas kesehatan yang baik dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan/pasien. Berdasarkan penelitian sebelumnya terdapat ketidakpuasan yang disebabkan karena fasilitas umum kesehatan seperti: kamar mandi yang kurang bersih dan ruang tunggu yang kurang luas. Tujuan penelitian ini menganalis kepuasan pasien BPJS terhadap fasilitas Puskesmas di Sukoharjo. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan menekankan pada kesimpulan analisis data dengan teknik wawancara mendalam, Focus Group Discussion, dan observasi. Responden yang menjadi fokus penelitian adalah tujuh (7) pasien BPJS dan empat (4) pasien non BPJS di Puskesmas Sukoharjo. Total responden dalam penelitian ini ada 11 orang yang berasal dari daerah Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian ini diperoleh kepuasan pasien BPJS terhadap fasilitas di Puskesmas Sukoharjo. Kepuasan tersebut merupakan cerminan dari empat kategori: fasilitas fisik yang baik, fasilitas non-fisik yang baik, peralatan pemeriksaan yang baik dan lengkap, dan kualitas pemberian obat yang sesuai. Kesimpulan berdasarkan temuan dalam penelitian ini diperoleh kepuasan pasien BPJS terhadap Puskesmas di Sukoharjo.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12769
    Collections
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV