• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP WAKTU TUNGGU PELAYANAN PUSKESMAS DI SUKOHARJO

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (516.8Kb)
    Date
    2021-02
    Author
    Madania, Makiyatul
    Candrasari, Anika
    Prastyo, Yuni
    Ichsan, Burhannudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepuasan merupakan suatu keadaan ketika kebutuhan, keinginan, dan harapan dapat dipenuhi melalui produk atau jasa yang dikonsumsi. Waktu tunggu pasien merupakan salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan. Waktu tunggu adalah waktu yang digunakan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Tujuan penelitian ini untuk menganalis kepuasan pasien BPJS terhadap waktu tunggu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Metodenya lebih menekankan pada kesimpulan analisis data dengan teknik wawancara mendalam, Focus Group Discussion, dan observasi. Total informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah sebelas (11) orang, informan terdiri atas delapan (8) pasien BPJS dan tiga (3) pasien umum.Hasil penelitian ini didapatkan adakepuasan pasien BPJS terhadap waktu tunggu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo. Kepuasan tersebut merupakan cerminan dari dua kategori yaitu alur pasien BPJS dan pasien umum yang tidak dibedakan dan waktu tunggu pelayanan antara pasien BPJS dan pasien umum yang tidak dibedakan. Keterbatasan penelitian ini adalah jumlah informan antara pasien BPJS dan pasien umum yang tidak seimbang. Kesimpulan berdasarkan temuan pada penelitian ini yaitu didapatkan ada kepuasan pasien BPJS terhadap waktu tunggu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12818
    Collections
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV