• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI SUKOHARJO

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (400.8Kb)
    Date
    2021-02
    Author
    Meistika, Shofiyana
    Lestari, Nining
    Pramuningtyas, Ratih
    Ichsan, Burhannudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepuasan pasien yaitu cerminan kualitas pelayanan kesehatan yang mereka terima. Kepuasan sebagai evaluasi setelah diberikan pelayanan yang dipilih setidaknya memenuhi atau melebihi harapan. Terdapat lima dimensi mutu pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu, Reliability (kehandalan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Bukti Fisik), Emphaty (Empati), dan Responsiveness (Ketanggapan). Tujuan penelitian inimenganalis kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo.Metode pada penlitian ini yaitu analisis kualitatif. Metode penelitian ini lebih menekankan pada kesimpulan analisis data dengan teknik wawancara mendalam, diskusi kelompok terarah, dan observasi. Responden yang menjadi fokus penelitian adalah tujuh(7) pasien BPJS dan empat (4) pasien non BPJS di Puskemas Gatak. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang masing-masing berasal dari daerah di sekitar Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo.Hasil penelitian ini diperoleh kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo. Kepuasan tersebut merupakan cerminan dari limakategori yaitu fasilitas fisik baik, perilaku petugas baik, prosedur pelayanan baik, fasilitas lengkap baik dan lengkap, dan tidak terdapat perbedaan pelayanan antara pasien BPJS dan umum. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, kesimpulan yang didapatkan yaitu didapatkan tema terdapatnya kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12821
    Collections
    • Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV