Show simple item record

dc.contributor.authorNa’imah, Tri
dc.date.accessioned2012-07-24T04:59:12Z
dc.date.available2012-07-24T04:59:12Z
dc.date.issued2012-04-21
dc.identifier.citationAlwisol. (2006). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM. Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta : Kompas. Berkowitz, M. (1995). The Education of the Complete Moral Person. Aberdeen, Scotland : Gordon Cook Foundation. Bronfenbrenner, U., Morris, P. A. (1998).The Ecology of Developmental Processes. In W. Damon (Series Ed.) & R. M. Lerner (Vol. Ed.), Handbook of Child Psychology: Vol. 1: Theoretical Models of Human Development. New York: Wiley Berk, L.E. (2000). Child Development (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon. Hadjam, NR., Widhiarso, W. ( 2003). Budaya Damai Anti Kekerasan (Peace and Anti Violence), Jakarta : Dirjen Pendidikan Umum. Herusatoto, B. (2008). Banyumas, Sejarah, Budaya, Bahasa dan Watak. Yogyakarta : LKIS. Huitt, W. (2004). Character Development, Educational Psychology Interactive. Valdosta, GA : Valdosta State University. Kilpatrick, W. (1992). Why Johny Can’t Tell Right From Wrong. New York : Simon & Schuster, Inc. Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta : Grasindo. Limber, SP. (2002). “Addressing Youth Bullying Behaviors” Proceeding, in Educational Forum on Adolescent Health Youth Bullying, 3 Mei, 2002. Megawangi. (2008). Character Building (Tinjuan Berbagai Aspek). Yogyakarta : Tiara Wacana. Musfiroh, T. (2008). “Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter” dalam Character Building (Editor : Arismantoro). Yogyakarta : Tiara Wacana. Naimah, T., Nur’aeni. (2010). ”Studi Tentang Strategi Wanita Dalam Pengembangan Karakter Anak Dari Keluarga Miskin di Purwokerto Selatan”. Laporan Penelitian, LPPM UMP. __________ & Septiningsih, DS. (2010). “ Studi Tentang Pola Parenting Wanita Untuk Mengatasi Masalah Psikososial Anak Akibat Kemiskinan di Purwokerto”, Laporan Hasil Penelitian (Tidak Diterbitkan). Peterson, K.D., Terrence E. D. (2009). The Shaping School Culture Filedbook. San Francisco : Josses-Bass. Ruyadi, Y. (2010). ”Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitian Terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat Untuk Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah)”. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. Santrock, J. W. (2002). Life Span Development. Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga. SEJIWA . (2008). Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : PT. Grasindo. Sumaatmadja, N. (2002). Pendidikan Pemanusiaan Manusia Manusiawi. Bandung : Alfabeta. Sussman, S., Unger, J. B., and Dent, C. W. (2004). “Peer Group Self-identification Among Alternative High School Youth: A Predictor of Their Psychosocial Functioning Five Years Later”. International Journal of Clinical and Health Psychology, 4(1), 9-25. Zastrow, C. (2000). Introduction to Social Work and Social Welfare. Pacific Grove: Brooks/Cole Publishing Company.en_US
dc.identifier.isbn978-602-96633-1-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1764
dc.description.abstractTulisan ini dilatar belakangi beberapa fenomena di masyarakat yang menunjukkan rendahnya karakter anak. Fenomena itu antara lain masih banyaknya kasus bullying di sekolah, tindak asusila, bahkan kriminalitas anak. Permasalahan ini disebabkan antara lain karena pendidikan karakter masih dilakukan secara parsial. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha mengkaji pendidikan karakter dengan pendekatan yang holistik. Teori ekologi perkembangan mengkaji pendidikan karakter anak dengan pendekatan ekologi, yaitu melalui pendekatan : 1) mikrosistem, yaitu mengkaji peran keluarga individu, teman-teman sebaya, sekolah dan lingkungan dalam pendidikan karakter, 2) eksosistem, yaitu mengkaji pengalaman-pengalaman dalam setting sosial lain di mana anak tidak memiliki peran yang aktif tetapi berperan dalam pengembangan karakter, 3)Makrosistem, yaitu kajian tentang peran kebudayaan dalam pendidikan karakter.en_US
dc.publisherFak Psikologi UMSen_US
dc.subjectpendidikanen_US
dc.subjectkarakteren_US
dc.subjectteori ekologien_US
dc.titlePENDIDIKAN KARAKTER ( KAJIAN DARI TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record