Show simple item record

dc.contributor.authorSupiyati
dc.contributor.authorSuwarsono
dc.contributor.authorSetiawan, Ichsan
dc.date.accessioned2012-09-06T16:34:29Z
dc.date.available2012-09-06T16:34:29Z
dc.date.issued2011-05
dc.identifier.citationArifin, L., Darlan,Y., Hutagaol, J.P., Hanafi, M. dan Supriadi. (2001). Kajian Proses Sedimentasi untuk Alur Transportasi Batubara di Pulau Baai, Bengkulu Propinsi Bengkulu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Bandung. Chapman, D. C. (1985). “Numerical Treatment of Cross-Shelf Open Boundaries in a Barotropic Coastal Ocean Model.” Journal of Physical Oceanography, Volume 15. Koutitas, C. G. (1988). Mathematical Model in Coastal Engineering, London. PT PELINDO II. (2009). Tak Tuntas Pathaway, Pelindo II Keruk Alur Rakyat Bengkulu, Bengkulu. Supiyati, Suwarsono dan Mayagsari. (2008). Karakteristik Pasang Surut di Perairan Pulau Baai Bengkulu dengan metode Admiralty. Universitas Bengkulu, Bengkulu.en_US
dc.identifier.issn1411-8904
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1966
dc.description.abstractPelabuhan Pulau Baai terletak di pantai barat Pulau Sumatera dengan koordinat Geographics 102016'00 "- 102018'30" Bujur Timur dan 03053'00 "- 03055'30" - Lintang Selatan. Untuk menyelesaikan masalah yang terjadi secara efektif, maka perlu tahu terlebih dahulu tentang naik-turunnya hidrodinamika arus laut dan pengangkutan sedimen di lokasi dengan bantuan model numerik dinamika oseanografi. Dalam penelitian ini, pemodelan dan pengukuran lapangan dengan verifikasi permukaan, kecepatan arus dan erosi serta pola sedimentasi. Hasil verifikasi pemodelan dibandingkan dengan elevasi permukaan dan kecepatan arus dengan hasil pengukuran di lapangan menunjukkan bahwa perbedaan antara mereka adalah ± 0,06 m, dan 0,11 ± m / s. Simulasi model angkutan sedimen dengan total naik-turunnya arus menghasilkan pola, adalah: di kolam pelabuhan , erosi terjadi di daerah timur dan sedimentasi terjadi di Barat sampai Barat-Laut. Pada umumnya untuk pintu saluran pelabuhan sering terjadi erosi, sedang sedimentasi terjadi di luar mulut saluran dan di bagian barat, untuk simulasi tanpa dermaga pada pelabuhan terjadi erosi di bagian timur. Demikian pula simulasi dengan jetty menunjukkan pola yang sama, akan tetapi hanya berbeda dalam persentase sedimentasi dan erosi.en_US
dc.subjectModel hidrodinamiken_US
dc.subjectmodel angkutan sedimenen_US
dc.subjecterosi dan pola sedimentasien_US
dc.subjectPelabuhan pulau Baai Bengkuluen_US
dc.titleANGKUTAN SEDIMEN PENYEBAB PENDANGKALAN PELABUHAN PULAU BAAI BENGKULU DENGAN MODEL DISKRITISASI DINAMIKA OSEANOGRAFIen_US
dc.title.alternativeSediment Transport Cause Of Port Superficiality Of Bengkulu Baai Island With diskritisation Model Of Oceanography Dynamicsen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record