Show simple item record

dc.contributor.authorSlamet, Hw
dc.contributor.authorSetyaningsih, N
dc.date.accessioned2013-02-06T05:44:23Z
dc.date.available2013-02-06T05:44:23Z
dc.date.issued2008-09
dc.identifier.citationArmanto, Dian (2003). Pengembangan Model Pembelajaran Matemaika Berbasis Kompetensi dan Berkonteks Lokal Bagi Guru dan Siswa SD/MI Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan Fauzan, Ahmad 2002. Applying realistic mathematics education in teaching geometry in Indonesian primary schools. Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands. Freudenthal, H. 1991. Revisiting mathematics education. Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic. Goffree, F. (1993). HF: Working on mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 25 (1-2), 21-58. Gravemeijer, Koeno. 1994. Developing realistic mathematics education. Utrecht, The Nederlands: Freudenthal Institute. Hadi, Sutarto. 2002. Effective teacher professional development for implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesia. Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands. Hadi, Sutarto. 2004. Pengembangan Materi Pemelajaran Matematika Realistik untuk Mendukung Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Universitas Lambung Mangkuat Banjarmasin. Hadi, Sutarto, 2003,2006. Paradigma Baru Pendidikan Matematika. Makalah Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, 2003; Workshop Lokal PMRI 15-17 Juni 2006 di Yogyakarta. Kwon,Oh Nam. Conceptualizing the Realistic Mathematics Education Approach in the Teaching and Learning of Ordinary Differential Equations. Download Juni 2006 Marpaung, 2006. Pendekatan Psikologis dan Budaya untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Matematika. Makalah Workshop Lokal PMRI, 15-17 Juni 2006. Yogyakarta Puskur. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Mata Pelejaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Balitbang, Depdiknas. Puskur. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Balitbang, Depdiknas Setyaningsih,N. 2006. Peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik. UMS Surakarta Slamet Hw. 2007. Sosialisasi dan Simulasi PMRI bagi guru SD/MI, SMP/M.Ts dan SMA/SMK Muhammadiyah Kartasura dan Surakarta tgl, 3 Februari 2007. Surakarta Susento. 2006. Pembelajaran Konsep Sudut di SMP Melalui Proses Reinvensi Terbimbing. Makalah Seminar Nasional PMRI USD, 21-21 April 2006. Yogyakarta TIMSS. 1997. International versions of the background questionnaires. TIMSS International Study Center: Boston College, Chestnut Hill, MA, June 1997. Van den Akker, Jan. 1999. Principles and methods of development research. In Jan van den Akker et al. (Ed.) Design Approaches and Tools in Education and Training pp. 1-14. Dordrecht: kluwer Academic Publishers Zulkardi. 2002. Developing a learning environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian student teachers. Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands (copy ringkasan)en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2665
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi dan model pembelajaran matematika SD berdasarkan KTSP untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika tingkat dasar. Model ini dibangun berdasarkan konteks (situasi, kondisi dan ketersediaan sarana) lokal Surakarta. Tujuan khusus penelitian pada tahun pertama adalah: (1) Menganalisa tujuan belajar matematika dalam upaya merumuskan kompetensi yang dituntut dalam setiap pokok bahasan. (2) Mengembangkan materi dan model pembelajaran matematika realistik berdasarkan konteks lokal Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Developmental Research). Pada tahap pertama dilakukan identifikasi kompetensi matematika berdasarkan KTSP yang untuk selanjutnya dikembangkan materi dan model pembelajaran berbasis media dan berkonteks lokal. Oleh karenanya produk tahap pertama ini menghasilkan: (1) Identifikasi materi atau topik-topik yang memungkinkan dapat disajikan lewat pembelajaran PMR, termasuk didalamnya rumusan kompetensi dasar dan standar kompetensinya, dan (2) model Awal pembelajaran matematika itu sendiri. Dari hasil penelusuran kurikulum dan silabus KTSP diperoleh laporan bahwa tidak semua topik matematika SD dapat didekati dengan model pembelajaran realistik. Oleh karenanya topiktopik terpilih yang dapat didekati dengan model realisik ini baru dalam bentuk draf Buku Panduan Guru yang untuk selanjutnya dapat diimplementasikan dalam uji coba tahun keduaen_US
dc.description.sponsorshipBERSAING DIKTIen_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectKTSPen_US
dc.subjectPMRen_US
dc.subjectmedia pembelajaran berkonteks lokalen_US
dc.titlePengembangan Materi dan Model Pembelajaran matematika realistik sekolah dasar berkonteks lokal (Surakarta) Undtuk mendukung penerapan KTSPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record