Show simple item record

dc.contributor.authorHuda, Miftakhul
dc.contributor.authorPurwahida, Rahmah
dc.date.accessioned2013-09-26T08:27:37Z
dc.date.available2013-09-26T08:27:37Z
dc.date.issued2013-03-01
dc.identifier.citationDardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Owen Jr., R.E. 1992. Language Development: An Introduction. Ohio: Macmillan Publishing Company. Sabardila, et al. 2008. ”Model Penggalian Potensi Menulis melalui Penulisan Otobiografi”. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Santrock, Jhon.W. 2002. Life-Span Development. Texas: University of Texas Dallas. Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Universty Press. Thahar, Harris Effendi. 2001. ”Pembelajaran Menulis Terpadu pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia: Sebuah Diskusi”. Komposisi Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni Vol. 2, No. 1, 2001.en_US
dc.identifier.isbn978-979-1032-99-5
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3491
dc.description.abstractPemerolehan bahasa pertama memiliki kaitan erat dengan perkembangan sosial anak. Sebagaimana yang dikemukakan Pieget bahwa kognisi yang diperoleh dari perkembangan sosial anak berperan dalam permerolehan bahasa dan pengetahuan kognisi merupakan dasar atas pemahaman akan kata-kata (Owen, 1992: 156). Perkembangan sosial anak memiliki hubungan yang erat dengan pembentukan identitas sosial. Melalui bahasa, anak dapat mengekspresikan gagasan dan kemauan dengan cara yang benar-benar dapat diterima secara sosial. Bahasa merupakan media yang dapat digunakan anak untuk memperoleh nilai-nilai budaya, moral, agama, dan nilai-nilai lain dalam masyarakat. Anak-anak yang mulai belajar di sekolah dasar memperoleh pembelajaran bahasa melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar mencakup pembelajaran keterampilan menulis. Pengembangan keterampilan menulis dapat dilakukukan dengan memberikan rangsangan yang membuat siswa tertarik untuk menulis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian siswa agar gemar menulis adalah dengan memanfaatkan film Laskar Pelangi.en_US
dc.publisherIkatan Alumni MPB bekerja sama dengan Magister Pengkajian Bahasa Program UMSen_US
dc.subjectMetode Belajar Mengajaren_US
dc.titleKeruntutan Alur Dalam Pembelajaran Menulis Melalui Teknik Recounten_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record