Pengaruh Produk Inti, Produk Aktual dan Produk Tambahan pada Kepuasan Pelanggan
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dengan dimensi core
product, actual product dan augmented product terhadap kepuasan pelanggan. Hasil
penelitian ini bermanfaat bagi pengambilan kebijakan perusahaan terkait strategi
pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga tercapai apa yang menjadi
tujuan perusahaan. Uji hipotesis dalam studi ini menggunakan regresi majemukm dengan
uji t dan uji F serta koefisien deterninasi untuk melihat goodness of fit model penelitian.
Sample yang diambil sebanyak 100 responden warga sragen pengguna telepon seluler merk
Nokia. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan convenien
sampling. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa, core product t-table; (5.442> 1.985)
with probability 0.000 <0.05, actual product t-table (2.283> 1.985) with probability 0.025
<0.05 dan augmented produk t-table (2.413> 1.985) with probability 0.018 <0.05; secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan telepon seluler merk Nokia.
Hasil uji F 46.413 > 2.68 menunjukkan bahwa secara simultan ketiga dimensi kualitas
produk tersebut perbengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai R
square 0,592 menunjukkan bahwa variasi ketiga dimensi kualitas produk mempengaruhi
kepuasan pelanggan sebesar 59,2%, selebihnya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain
diluar model penelitian.
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN MINAT KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus pada Produk AJB Bumiputera 1912)
Fauzan, M. Noor; Gunarsih, Tri (2004-06)This research investigates the effect of product attributes and customer interest to customer loyalties of Bumiputera 1912 life insurance (AJB Bumiputera 1912). The product attributes consist of core benefit, basic ... -
ANALISIS ELEMEN BRAND EQUITY PRODUK MEREK “DAGADU DJOKDJA” UNTUK MENENTUKAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN MEREK DAGANG PRODUK DI SURAKARTA
Sujadi, H.; Nasir, M.; Chuzaimah (LPPM UMS, 2009-10)This research aim to to measure strong how brand equity had by kaos oblong product (tshirt) which is pursuant to at some eiuity brand element covering awarness brand research, assosiation brand research, quality percieved ... -
Model Sistem Produksi Pemasok – Produsen dalam Lingkungan Jit dengan Mempertimbangkan Produk Non-Conforming dan Garansi Produk
Wigati, Slamet Setio; Bintoro, Agustinus Gatot (lppmums, 2013-12)Penelitian ini mengembangkan model sistem produksi terintegrasi antara pemasok-produsen/buyer dalam lingkungan JIT. Model yang dikembangkan adalah model dengan satu pemasok dan satu produsen/buyer, dengan mempertimbangkan ...