Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Teknikal dan Kualitas Fungsional dalam Membentuk Komitmen Keterhubungan Pelanggan pada Layanan Perbankan Syariah
Abstract
Pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia terlihat semakin meningkat secara signifikan.
Masih terdapat peluang yang sangat besar bagi perbankan syariah untuk semakin
berkembang. Hal ini diperkuat dengan disahkannya UU No.21 tahun 2008 tentang
Perbankan Syariah. Bank Umum Syariah Harta Insan Karimah (BHIK) merupakan salah
satu lembaga perbankan syariah, yang pada mulanya beroperasi di kategori BPR (Bank
Perkreditan Rakyat). Dalam perkembangannya kini BHIK telah menjadi sebuah korporat
dan salah satu unit usahanya adalah Bank Pembiayaan Rakyat HIK (BPR-HIK) Ciledug,
Tangerang.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas teknikal dan
kualitas fungsional terhadap komitmen keterhubungan pelanggan pada layanan perbankan
syariah, dengan menggunakan populasi nasabah BPR HIK, Cabang Ciledug, Tangerang.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling yaitu dengan
metoda convenience sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 70 responden.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi berganda. Hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa kepercayaan, kualitas teknikal dan kualitas fungsional berpengaruh
secara simultan terhadap komitmen keterhubungan pelanggan