Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh faktor-faktor fundamental perusahaan terhadap
harga saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Adapun variabel dari faktor
fundamental adalah Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Assets
(ROA), Current Ratio (CR), Price to Book Value (PBV), Price Earning Ratios (PER), Quick
Assets to Inventory (QAI), Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turn Over (TATO), dan
Return On Investment (ROI). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling dengan.Data diambil dari Indonesian Capital Marketv Directory (ICMD) tahun
2007-2011yang diperoleh jumlah sampel 126 perusahaan.Menggunakan teknik Analisis
regresi berganda dengan menguji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan hasil penelitian
tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa
data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier
berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel EPS, DER, ROA, PBV, PER,
QAI dan ROI, secara parsial signifikan positif berpengaruh terhadap harga saham
perusahaan Manufaktur di BEI periode 2007-2010 pada level of significance 5%. Sedangkan
CR, NPM dan TATO tidak mempunyai pengaruh singnifikan terhadap harga saham. Secara
silmutan terbukti signifikan berpengaruh terhadap harga saham perusahaan Manufaktur di
BEI pada level signifikansi 5%.