Studi Eksploratori Pola Atribusi Keberhasilan dan Kegagalan Bisnis: Sebuah Persepsi Dari Pengusaha Kecil dan Mikro Pribumi dan Tionghoa di Surabaya
Abstract
Dalam usaha mencapai tujuan bisnis ada pengusaha atau wirausahawan yang berhasil dan
gagal. Salah satu teori untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan dan
kegagalan bisnis adalah teori atribusi. Teori ini berusaha menjelaskan bagaimana orang
menyimpulkan tentang hubungan kausal di antara berbagai peristiwa atau perilaku. Dalam
konteks perilaku berprestasi, atribusi kausal dapat dibedakan dalam tiga dimensi yaitu
dimensi lokus (locus of causality), dimensi stabilitas (stability of causality), dan dimensi
kontrol (controlability of causality).Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pola atribusi
keberhasilan dan kegagalan bisnis pengusaha Pribumi dan Tionghoa pada skala usaha
kecil mikro berdasarkan tiga dimensi atribusi kausal di atas. Subyek penelitian adalah
pengusaha Pribumi dan Tionghoa. Setelah dieksplorasi pola atribusi keberhasilan dan
kegagalan bisnis pada skala usaha kecil mikro. Selanjutnya dilakukan pengujian untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan pola atribusi di antara kelompok pengusaha
Pribumi dan Tionghoa.
Subyek penelitian ini adalah pengusaha kecil dan mikro yang lokasi usahanya terletak di
wilayah Surabaya dan sekitarnya dengan sampel sebanyak 30 orang yang terdiri 15 orang
pengusaha pribumi dan 15 orang pengusaha Tionghoa. Metode sampling yang digunakan
adalah kombinasi dari convenience dan purposive sampling. Pengujian terhadap hipotesis
yang diajukan akan menggunakan chi square test.