Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Csr (Survey Padaindustri Perbankan di Indonesia)
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah basis teori tentang perlunya sebuah
perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat dan lingkungan tempat
beroperasi. Dimana CSR dapat didefinisikan sebagai tanggungjawab moral suatu
perusahaan terhadap stakeholders terutama komunitas atau masyarakat disekitar wilayah
kerja dan operasinya. Beberapa penelitian telah menjelaskan karakteristik perusahaan
yang mempengaruhi pengungkapan tanggungjawab social (CSR) antara lain Sembiring
(2005), Hanifah and Cooke (2005), Jones (2006), Suharto (2008), Dahlia dan Siregar
(2008), Nurlela (2008). Karakteristik perusahaan yang diteliti antara lain size,
profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajerial. Penelitian
ini bertujuan utama mengidentifikasi karakteristik perusahaan yang mempengaruhi jumlah
pengungkapan tanggungjawab social pada perusahaan perbankan konvensional di
Indonesia. Indeks yang digunakan untuk mengukur CSR adalah Global Reporting Initiative
(GRI) yang terdiri dari 121 item pengungkapan dalam 10 indikator yaitu (1) Strategi dan
Analisa, (2) Indikator Profil Organisasi, (3) Indikator Parameter Laporan, (4) Indikator
Pemerintahan, Komitmen dan Keterlibatan, (5) Indikator Pendekatan Manajemen dan
Indikator Kinerja Ekonomi, (6) Indikator Lingkungan,(7) Indikator Praktek Tenaga Kerja
dan Pekerjaan Yang Layak, (8) Indikator Hak Asasi Manusia, (9) Indikator Masyarakat,
(10) Indikator Tanggungjawab Produk. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan
7 bank konvensional yang terdapat pada bank Indonesia yaitu Bank CIMB Niaga, Bank
Rakyat Indonesia, Bank Danamon, Bank Mandiri, Bank Central Asia, Bank Panin dan Bank
Negara Indonesia 46. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Metode
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linear
berganda. Hasil penelitian ini Size dan Kepemilikan Manajerial yang berpengaruh
terhadap CSR sedangkan Profitabilitas, leverage dan ukuran dewan komisaris tidak
berpengaruh terhadap CSR.