Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT "X"
View/ Open
Date
2013-03-23Author
Wiludjeng SP, Sri
Nurlela, Tresna Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pesatnya perkembangan bisnis saat ini tidak terlepas dari pesatnya perkembangan
teknologi. Perkembangan teknologi dapat menghasilkan gagasan, inovasi, kreatifitas
disektor bisnis atau pemasaran. Hal tersebut mengakibatkan aktivitas bisnis atau
pemasaran semakin komplek. Perusahaan-perusahaan berusaha dengan segala macam
cara untuk memenangkan persaingan. Salah satu cara yang paling sering digunakan oleh
perusahaan adalah dengan promosi. Salah satu strategi promosi yang sedang berkembang
adalah viral marketing atau yang biasanya disebut WOM ( Word of Mouth). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen tentang pelaksanaan viral
marketing yang dilakukan oleh PT “X” dan seberapa besar pengaruh viral marketing
terhadap keputusan pembelian pada PT “X”. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif dan verifikatif . Sampel yang digunakan sebanyak 109. Alat analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear. Hasil penelitian
À g pelaksanaan viral marketing yang
dilakukan oleh PT “ X “ sangat baik, artinya konsumen dapat menerima dan memahami
viral marketing tersebut, serta menunjukkan hasil bahwa viral marketing berpengaruh
secara significant pada keputusan beli konsumen. Untuk itu disarankan pelaksanaan viral
marketing untuk ditingkatkan, mengingat pelaksanaan viral marketing dapat memberikan
informasi lebih luas, cepat , dan tepat kepada masyarakat .