Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas Program Pemasaran Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah di Kota Semarang Sulistiyani
Abstract
Penelitian terdahulu menyatakan bahwa kreativitas program pemasaran adalah suatu
usaha pemecahan masalah bisnis yang dihadapi dalam memasarkan produk , sedang
orientasi pasar adalah suatu kegiatan yang menekankan pada orientasi pelanggan,
orientasi pesaing dan koordinasi antar fungsi, sedangkan kinerja sistem yang berhubungan
dengan aktivitas hasil. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis
kreativitas program pemasaran dan orientasi pasar serta kinerja usaha kecil dan menengah
di kota Semarang. Responden dalam penelitian ini adalah pengusaha usaha kecil dan
menengah yang berkedudukan di kota Semarang. Metode analisis yang digunakanadalah
confirmatory factor analysis full model (SEM). Dalam SEM hasil komputasi untuk test
signifikansi model dilakukan untuk mengukur Adjusted Goodness of index (AGFI),
Goodness of index (GFI), The Comparative fit indek (CFI), Tucker Lewis Index (TLI), Root
Mean Square Error of Approximation (RMSEA) and Critical Ratio (CR). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kreativitas program pemasaran akan berpengaruh positif pada kinerja
usaha kecil dan menengah di kota Semarang, demikian juga orientasi pasar berpengaruh
positip terhadap kinerja usaha kecil dan menengah di kota Semarang