Pengaruh Environmental Behavior Terhadap Green Purchasing Behavior pada Anak Muda Generasi C di Jakarta
Abstract
Semakin tingginya kesadaran manusia akan pentingnya kelestarian lingkungan, telah
melahirkan sejumlah gerakan yang bertujuan menjaga dan memelihara keseimbangan
hidup antara manusia dan alam. Sejumlah produk dihasilkan dengan memperhatikan
berbagai aspek yang ramah lingkungan. Sayangnya tidak semua konsumen dapat menerima
produk tersebut karena perilaku yang tidak sejalan dengan pelestarian lingkungan.
Perilaku konsumen yang peduli lingkungan akan mempengaruhi kemauan untuk
mengkonsumsi produk yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh environmental behavior terhadap green purchasing behavior pada anak muda
Generasi C di Jakarta. Generasi C adalah generasi yang lahir antara 12 Maret 1988–24
April 1993 (Generation C: An Emerging Consumer Market: www.trendwatching.com).
Generasi ini disebut juga Generasi Content yang mengacu pada generasi yang kreatif.
Anak muda menjadi subjek penelitian ini karena mereka dianggap lebih mengenal isu-isu
tentang pelestarian lingkungan hidup dibandingkan generasi yang lebih tua.Metode
penarikan sampel menggunakan judgemental sampling dan data dikumpulkan dengan
kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswa di sebuah universitas swasta terkemuka di Jakarta. Teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari peer influence terhadap green
purchasing behavior namun tidak tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
environmental behavior terhadap green purchasing behavior secara simultan. Implikasi
dari penelitian ini yang dapat digunakan bagi pemasar adalah gambaran mengenai
perilaku konsumen produk hijau khususnya anak muda di Jakarta.