• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Sains dan Teknologi
    • Volume 6 No. 2, Oktober 2005
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Sains dan Teknologi
    • Volume 6 No. 2, Oktober 2005
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH LINTASAN KERETA API TERHADAP LALULINTAS JALAN SLAMET RIYADI PURWOSARI SURAKARTA

    Thumbnail
    View/Open
    7 SUWARDI.pdf (133.7Kb)
    Date
    2005-10
    Author
    Suwardi, S.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jalan Slamet Riyadi merupakan jalan utama di kota Surakarta. Ruas jalan tersebut membentang kearah barat – timur di tengah kota surakarta yang lalulintasnya sangat padat. Karena jalan tersebut merupakan akses masuk dan keluar kota surakarta. Di jalan yang lalulintasnya sangat padat tersebut sering terjadi kemacetan pada waktu ada kereta api yang melintas, karena jalan tersebut terdapat lintasan kereta api yang menyilang sebidang dengan jalan raya. Pada waktu kereta api melintas yang frekwensinya sangat tinggi akan terjadi antrian yang sangat panjang baik dari arah timur maupun arah dari barat. Dari masalah tersebut di atas maka perlu adanya analisis tentang karakteristik lalulintas yang berkait dengan lintasan kereta api. Analisis lalulintas ini dimaksudkan untuk memberi masukan semua pihak yang terkait sehingga pada yang masa yang akan datang ada solusi sehingga jalan tersebut tidak terjadi kemacetan lalulintas dan antrian yang sangat panjang. Serta tundaan waktu pejalanan cukup lama yang akan mengganggu semua aktivitas. Metode penelitian, dilakukan dengan cara menggali data yang meliputi observasi untuk menentukan seting fisik dan lingkungan sekitarnya. Yang selanjutnya diikuti pengumpulan data sekunder dan data primer. Penelitian ini dilakukan di jalan Slamet Riyadi Surakarta. Terutama di persimpangan dengan jalan rel. Dari data primer (hasil survai) dan data sekunder dianalisis. Dari analisis tersebut akan didapatkan, derajat kejenuhan (DS) atau 0volume lalulintas dibagi kapasitas ( Q/C), kecepatan, tundaan, panjang antrian kerugian waktu, kerugian bila dinilai dengan uang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan di Jl. Slamet Riyadi Purwosari dari arah barat siang hari rata-rata C dan B sedang malam hari rata-rata tingkat pelanan B dan A. Dari arah timur siang hari rata-rata tingkat pelayanan C dan malam hari rata-rata tingkat Pelayanan B dan A. Besar tundaan (delay) saat kereta api melintas pada lintasan di Jl. Slamet Riyadi Purwosari ke arah barat rata-rata tundaan 52.072 detik sedang ke arah timur rata-rata tundaan 50.091 detik. Jumlah antrian pada saat kereta api melintas pada lintasan di Jl. Slamet Riyadi Purwosari ke arah barat jumlah antrian rata-rata 40.48 smp tiap lintasan sedang ke arah timur jumlah antrian ratarata 40.95 smp tiap lintasan. Jumlah Tundaan Dua Arah ke Barat dan ke Timur 85.129 smp jam/ hari dan dalam Satu Tahun 30646,44 smp jam/tahun. Besar kerugian yang ditanggung para pengguna bila waktu dinilai dengan uang pada saat kereta api melintas pada lintasan di Jl. Slamet Riyadi Purwosari dalam 1 Tahun Akibat Lintasan Kereta Api sebesar Rp. 766.161.000,-/tahun
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/385
    Collections
    • Volume 6 No. 2, Oktober 2005

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV