Show simple item record

dc.contributor.authorAmadati, Tadia Medha
dc.contributor.authorNawangpalupi, Catharina Badra
dc.date.accessioned2013-12-03T08:02:46Z
dc.date.available2013-12-03T08:02:46Z
dc.date.issued2012-12-18
dc.identifier.citationDesmet. P.M.A. (2007). Nine Sources Of Product Emotion, International Journal od Design (2007). Desmet, P.M.A., & Hekkert, P. (2002). The basis of product emotions. dalam: W. Green dan P. Jordan (Eds.), Pleasure with the Products: beyond usability (60-68). London: Taylor & Francis. Desmet, P.M.A. dan Hekkert, P. (2007) Framework of Product Experience, International Journal of Design (2007), Volume: 1(1), hal. 57-66. Desmet, P.M.A. (2003). Measuring emotion; development and application of an instrument to measure emotional responses to products. In: M.A. Blythe, A.F. Monk, K. Overbeeke, & P.C. Wright (Eds.), Funology: from Usability to Enjoyment (pp. 111-123). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. Desmet, P.M.A, Hekkert, P. dan Jacobs, J.J. (2000) ,"When A Car Makes You Smile: Development and Application of an Instrument to Measure Product Emotions", in Advances in Consumer Research Volume 27, eds. Stephen J. Hoch and Robert J. Meyer, Advances in Consumer Research Volume 27 : Association for Consumer Research, Pages: 111-117.en_US
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3904
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat emosi dari Puno, rancangan mainan edukasi anak usia pra-sekolah (Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD). Puno merupakan mainan edukasi berupa mainan bongkar pasang dengan menggunakan tokoh Punakawan Sunda dan mainan ini bertujuan untuk menstimulus sensor motorik halus; memperkenalkan bangun ruang, bentuk, dan warna; serta menimbulkan daya kembang anak melalui imajinasi, konsentrasi, dan ketelitian. Atensi dan ketertarikan anak maupun guru dalam menggunakan mainan ini merupakan peran penting dalam pencapaian tujuan edukasi dari mainan ini. Atensi dan ketertarikan, baik dari guru dan anak, dapat ditunjukkan dengan tingkat emosi anak dan guru pada mainan Puno. Penelitian ini dilakukan untuk menilai tingkat emosi guru PAUD yang dilakukan dengan cara wawancara dan observasi disebuah sekolah. Hasil wawancara dan observasi dipetakan dalam model desain emosi PrEmo (Product Emotion). Hasil menunjukkan bahwa Puno memberikan emosi positif dilihat dari bagaimana produk memberikan presepsi pada pengguna (attitude), pencapaian tujuan (goals), dan pemenuhan kriteriakriteria dari produk mainan edukasi (standard).en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectdesain emosien_US
dc.subjectmainan edukasien_US
dc.subjectPrEmoen_US
dc.subjectPunoen_US
dc.titleEvaluasi Desain Emosi Mainan Edukasi Anak Punoen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record