• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Loyalitas Konsumen Café Studi Kasus Di Cafe “X” Bandung

    Thumbnail
    View/Open
    I01_TI_.pdf (476.2Kb)
    Date
    2012-12-18
    Author
    Wibisono, Yogi Y.
    P. Juwono, Cynthia
    M. Wibisana, Lenny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bandung sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia banyak dikunjungi oleh wisatawan dengan berbagai macam tujuan mulai dari wisata alam, belanja, kuliner, hingga bisnis. Wisata kuliner merupakan salah satu wisata favorit di Bandung. Banyak cafe bermunculan untuk menangkap peluang tersebut. Kunjungan wisatawan di akhir pekan biasanya jauh lebih banyak daripada di hari biasa sehingga pada akhir pekan cafe banyak dikunjungi oleh konsumen. Pada hari biasa cafe mengandalkan kunjungan dari warga Bandung sendiri yang membuat persaingan dalam memikat konsumen untuk datang ke cafe semakin tinggi. Sangatlah penting setiap cafe membangun loyalitas konsumen untuk menjaga kestabilan kunjungan konsumen. Makalah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model loyalitas konsumen cafe. Loyalitas dipengaruhi baik langsung maupun tidak langsung oleh sejumlah faktor yaitu kepuasan, makanan, mutu layanan, atmosfir, dan persepsi nilai. Berdasarkan hasil pengujian model dengan Structural Equation Modeling (SEM) dapat disimpulkan loyalitas dipengaruhi langsung oleh kepuasan, kepuasan dan persepsi nilai dipengaruhi oleh mutu layanan, serta kepuasan dipengaruhi oleh makanan dan atmosfir. Dilihat dari tingkat pengaruh faktor terhadap loyalitas, persepsi nilai mempunyai bobot pengaruh sebesar 0,516 disusul oleh mutu layanan (0,435), atmosfir (0,227), dan makanan (0,218). Untuk menjaga loyalitas konsumennya, Cafe “X” harus mampu menyampaikan mutu layanan, atmosfir, dan makanan yang tinggi dani dengan harga yang kompetitif.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3924
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV