Show simple item record

dc.contributor.authorCoralia, Farida
dc.date.accessioned2013-12-13T09:25:17Z
dc.date.available2013-12-13T09:25:17Z
dc.date.issued2013-06-01
dc.identifier.citationBalswick, Jack O, dan Balswick, Judith K. 1990. The family. (edisi ke-2) Grand Rapinds, Michigan: Boker Book House Covey, Stephen R. 1997. The 7 Habits of Highly Effective Families, New York: A Viacom Company. Edwards, C. Drew. 2006. Mengatasi Anak yang Sulit Diatur. Bandung : Kaifa Essau, Cecilia A. 2008. Adolescent Addiction : Epidemiology, Assessment and Treatment. United States of America : Elsevier Inc. Gackenbach, Jayne. 2007. Psychology and the Internet: Intrapersonal, Interpersonal and Transpersonal Implications. Cetakan kedua. New York Hurlock, Elizabeth B. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Cetakan kelima. Jakarta : Erlangga.en_US
dc.identifier.isbn9789796361533
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3991
dc.description.abstractPerkembangan internet menyuguhkan banyak penawaran yang menarik, termasuk bagi anak Sekolah Dasar. Namun, dibandingkan menggunakan internet untuk menyelesaikan tugas sekolah, kenyataannya banyak yang beralih pada game online. Bermain game online secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental pada anak, dan bisa mengarah pada adiksi bagi pemainnya. Didasari pandangan bahwa penerapan disiplin yang efektif serta komunikasi yang baik antara orangtua dan anak merupakan faktor penting dalam membatasi atau mengontrol kegemaran anak bermain game online, maka orangtua perlu memahami bagaimana membentuk relasi yang hangat dengan anak. Tersedianya suatu rancangan intervensi diharapkan dapat menjadi model intervensi yang tepat dalam menangani kegemaran bermain game online pada anak Sekolah Dasar. Model intervensi dalam penelitian ini menggunakan bentuk pelatihan dengan pendekatan experiential learning. Subjek penelitian sebanyak 15 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. 53,33% anak mempersepsi bahwa mereka mendapatkan teknik penerapan disiplin yang bersifat otoriter.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectrancangan intervensien_US
dc.subjectkomunikasi orangtua dan anaken_US
dc.subjectkegemaran bermain game onlineen_US
dc.titlePeran Komunikasi Orangtua-Anak dalam Penanganan Kegemaran Bermain Game Onlineen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record