Show simple item record

dc.contributor.authorImpuni
dc.date.accessioned2014-05-19T02:44:51Z
dc.date.available2014-05-19T02:44:51Z
dc.date.issued2012-02
dc.identifier.citationAI-Qudsy, Huhaimin dan Ulfah Nurhidayah. 2010. Mendidik Anak Lewat Dongeng. Yogyakarta: Madina. Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik Jakarta: Rineka Cipta. Guat, Tay Meng. 2006. “Pemerolehan Bahasa Kanak-kanak; Satu Analisis Sintaksis.” Dalam Jurnal Penyelidikan IPBL. Jilid7,2006. Hlm. 87-109. Hasanah, Marnluatui. 2006. “Model Nativis LanguageAcquisition Device (Sebuah Teori Pemerolehan Bahasa). Dalam Lingua. Vol. I, No. 2, Desember 2006. Hlm. 148-161. Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strafegi, Metode, Tekniknya. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Phillips, Louise. 2000. “Mendongeng: Benih-Benih Kreativitas Anak.” Dalam Jurnal Australia Journal of Early Childhood. Vol.25,No.3,Hlm.1-5. http://www.louptales.com/docs/ seeds.doc. Diakses 30 desember 2011. Smith, Anne. 2010. Development of Vocabulary and Grammar in Young America Speaking Children Assessed with a America Language Development Inventory ..MI 488© American Speech Language Hearing Association. Ingers 19@msu.edu Tressyalina. 2008. “Respon Verbal dan Nonverbal Anak Usia Prasekolah terhadap Dongeng”. Dalam Jurnal Pembelajaran. Vol. 30, No.02, Agustus 2008. Hlm. 83-90.en_US
dc.identifier.issn1411- 5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4456
dc.description.abstractTujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) pemerolehan sintaksis anak usia lima tahun saat menceritakan kembali dongeng nusantara yang didengar, (2) jenis kalimat yang kompleks yang diperoleh anak saat bercerita, (3) frekuensi kalimat tunggal dan kalimat majemuk yang dihasilkan masing-masing anak, dan (4) implementasi pemerolehan sintaksis di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, rekam, dan catat. Uji validitas dari sumber data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) dan diperkuat dengan teknik lanjutan berupa Teknik Ubah Ujud. Hasil dari penelitian ini adalah pemerolehan kalimat tunggal dan kalimat majemuk sudah sesuai dengan tahap perkembangan usia mereka . Penggunaaan satu kata dan dua kata masih sering dihasilkan oleh anak-anak. Mereka juga menggunakan kalimat pasif pada saat menceritakan kembali dongeng. Verba yang mereka gunakan berupa sufiks {di-} dan afiks{di-in}. Pemerolehan sintaksis dengan menceritakan kembali dongeng yang didengar dapat diterapkan sesuai dengan standar kompetensi yang adaen_US
dc.publisherlppm umsen_US
dc.subjectpemerolehan sintaksisen_US
dc.subjectdongengen_US
dc.subjectanak usia lima tahunen_US
dc.titlePemerolehan Sintaksis Anak Usia Lima Tahun melalui Penceritaan Kembali Dongeng Nusantaraen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record