• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Coca-Cola, Pepsi dan Big Cola di Kota Semarang dengan Analisis Konjoin

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO-078.pdf (362.9Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Puspitasari, Nia Budi
    Hasya, Afina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan jumlah perusahaan industri minuman ringan di Indonesia dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan persaingan antar produsen minuman ringan berkarbonasi jenis Cola khususnya di Kota Semarang. CocaCola yang sebelumnya bersaing ketat dengan Pepsi untuk menguasai pasar industri minuman ringan berkarbonasi di Indonesia, mulai tahun 2011 mendapatkan pesaing baru dengan merek Big Cola. Penjualan merek Big Cola pada tahun 2012 mengalami peningkatan penjualan sampai dengan 1.900% dari tahun sebelumnya karena ditopang oleh harga yang murah dengan volume kemasan yang lebih besar. Maka dari itu diperlukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap merek Coca-Cola, Pepsi dan Big Cola melalui atribut-atribut produk yang mempengaruhi konsumen serta menganalisis atribut yang paling mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian terhadap produk minuman ringan berkarbonasi jenis Cola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Konjoin dengan Fractional Factorial Design dan teknik pengambilan datanya melalui pengisian kuesioner kepada 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah preferensi konsumen terhadap merek Coca-Cola dengan nilai utility estimate terbesar dibandingkan dua kompetitornya yaitu sebesar 0,368. Adapun atribut yang paling mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk minuman ringan berkarbonasi jenis Cola adalah atribut Merek yang memperoleh nilai kepentingan tertinggi dibandingkan 4 atribut lain yang dibandingkan yaitu sebesar 16,461.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4508
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV