Analisis Regresi Multivariat Pada Intention To Buy Berdasarkan Efektivitas Pemasaran
Abstract
Efektivitas sebuah iklan sangat tergantung dari pemilihan bentuk iklan dan konten yang mau disampaikan
agar sesuai dengan nilai persuasi yang diinginkan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan model analisis regresi multivariat yang dapat menjelaskan nilai dan faktor-faktor yang
mempengaruhi intention to buy berdasarkan variabel yang mempengaruhi efektivitas pemasaran. Dalam
penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah empathy, impact, komunikasi dan perhatian dengan
variabel independen variabel persuasi (intention to buy). Objek penelitian ini yaitu iklan produk PT. XYZ
Semen X dengan media televisi komersiil yang ditonton oleh masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hasil dari penelitian menunjukkan berdasarkan model iklan above the line dengan media TV Commersial
bahwa variabel yang paling mempengaruhi terhadap intention to buy yaitu impact (0,602), empathy(0,192),
komunikasi (0,134) dan perhatian (-0,12).