Perancangan Ulang Proses Bisnis Dengan Metodemodel-Based and Integrated Process Improvement (MIPI) di CV. Indographia Prima Utama
View/ Open
Date
2014-03-27Author
Syafitri, Eka
Priyandari, Yusuf
Yuniaristanto
Metadata
Show full item recordAbstract
CV. Indographia Prima Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan komponen
printer seperti cartridge kompatibel dan original serta melayani jasa refill tinta. Saat ini, kondisi
perusahaan mengalami permasalahan dalam menjalankan bisnisnya. Permasalahan tersebut terkait
dengan proses bisnis perusahaan, yaitu pada aktivitas pencatatan dan juga pelaksanaan proses bisnis
yang belum efektif dan efisien. Selain itu, perusahaan juga belum memiliki prosedur dan pedoman
dalam menjalankan proses bisnis perusahaan. Permasalahan tersebut menyebabkan kerancuan pada
status pencatatan order dan ketidaksesuaian informasi stok barang serta menimbulkan perbedaan
persepsi mengenai deskripsi kerja dan wewenang antar karyawan di perusahaan. Oleh karena itu,
penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses bisnis perusahaan. Perbaikan proses bisnis
dilakukan dengan melakukan perancangan ulang proses bisnis menggunakan pendekatan Business
Process Improvement (BPI) yang penerapannya mengacu pada metodologi Model-based and
Integrated Process Improvement (MIPI). Penelitian ini menghasilkan rancangan proses bisnis usulan
dan juga Standard Operating Procedure (SOP) pada tiap proses bisnis perusahaan.