Show simple item record

dc.contributor.authorResobowo, Didiet Sudiro
dc.contributor.authorBaliwangi, Lahar
dc.contributor.authorArtana, Ketut Buda
dc.contributor.authorDinariyana, AAB
dc.date.accessioned2014-07-14T03:23:16Z
dc.date.available2014-07-14T03:23:16Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.citationArtana KB, Ishida K, ‘Spreadsheet Modeling of Optimal Maintenance Schedule for Components in Wear-Out Phase’, Journal of Reliability Engineering and System Safety, ELSEVIER, Vol. 77 pp. 81-91, 2002. Baliwangi L.et al, Optimizing Ship Machinery Maintenance Scheduling Trough Risk Analysis And life cycle cost analysis in 25th International Conference on offshore Mechanics and Artic Engineering 2006 Hamburg Germany ASME. Baliwangi L.et al, Risk Modification Through Sistem Dynamics Simulation Injusted Modelling and Simulation 2007. Montreal PC Canada ACTAPRESS. Artana KB, Ishida K, Optimum replacement and Maintenance Scheduling Process for Marine Machinery in wear out period,3rd New Ship and Marine Technology p 111-120. Artana KB and K.Ishida, Optimum Replament and Maintenance Scheduling Process For Marine Machinery in Wearout Phase A Case Study of Main Engine Cooling Pumps Reliability Engineering and Safety 2002.81(2002) p.81-91. Baliwangi L., et al. Research on Marine Incidents Trend in Indonesia 2001 to 2004, in Japan Society for the Promotion of Science International Seminar in Marine Transportation, 2005. Hirshima : JSPS. Artana KB, Ishida K, ‘Spreadsheet Modeling to Determine Optimum Ship Main Dimensions and Power Requirements at Basic Design Stage’, Journal of Marine Technology Vol. 40 No. 1, Society of Naval.Architects and Marine Engineers (SNAME), January 2003. Artana KB, Ishida K (2001). Determination of ship machinery performance and its maintenance management scheme using MARKOV process analysis. Marine Technology IV, WIT Press: 379-389. Pham, Hoang and Wang, Hongzhou, Imperfect maintenance, European Journal of Operational Research 94 (1996) 425-438. Reliability Analysis Centre, Non-Electronic Reliability Part Data, New York. Machinery in wear out period, 3rd New Ship and Marine Technology. pp.111-120, 2002.en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4550
dc.description.abstractPola operasional dan pemeliharaan sistem di kapal sangat tergantung dengan karakterisitik dari peralatan dan komponennya yang diwakili oleh laju kegagalan (λ) dan laju perbaikannya (μ). Namun demikian, pola operasi dan pemeliharaan juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan anak buah kapal (ABK) dalam melakukan pemeliharaan kapal dan sistem permesinannya. Paper ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan dan keterampilan ABK dalam melakukan perawatan terhadap biaya dan keandalan sistem. Metode Dinamika Sistem (system dynamics/SD) digunakan dalam menyelesaikan permasalahan ini karena kemampuan metode ini memformulasikan setiap perubahan perilaku sebuah entitas (variable) terhadap entitas lainnya. Studi ini mengambil kasus sistem bahan bakar motor induk kapal dan berhasil mendapatkan keterkaitan dan pengaruh secara presisi dari ABK dalam melakukan pemeliharaan terhadap biaya pemeliharaan dan keandalan system[1]. Beberapa skenario level kemampuan ABK, tingkat keandalan, dan biaya perawatan disimulasikan dalam penelitian ini. Tingkat kemampuan dan keterampilan ABK di kisaran 120%-130% adalah nilai optimum dengan biaya perawatan minimum untuk bererapa level keandalan yang ditetapkan dalam skenario.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectDinamika Sistemen_US
dc.subjectPerawatan Kapalen_US
dc.subjectCrew Skill (keterampilan ABK)en_US
dc.subjectKeandalanen_US
dc.subjectBiaya perawatanen_US
dc.titleSimulasi Dinamika Sistem pada Sistem Bahan Bakar Motor Induk: Sebuah Analisa Sensitivitas Kemampuan Anak Buah Kapal (ABK) terhadap Biaya Pemeliharaan dan Keandalan Sistemen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record