Show simple item record

dc.contributor.authorEtika Rahmawati, Laili
dc.contributor.authorThalia, Najma
dc.date.accessioned2014-09-12T07:35:08Z
dc.date.available2014-09-12T07:35:08Z
dc.date.issued2012-08-02
dc.identifier.citationAlwasilah, A.Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat. Azlina, N.A. Nik. 2010. “CETLs: Supporting Collaborative Activities among Students and Teachers Through the Use of Think-Pair-Share Techniques”. Dalam IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 7, Issue 5, September 2010 halaman 18-29. Barkhuizen, Gary & Hacker, Penny. 2009. “A Collaborative Narrative Inquiry: Two Teacher Educators Learning about Narrative Inquiry”. Dalam Per Linguam 2009 25(1):1-16. Nasucha, Yacub, Muhammad Rohmadi, dan Agus Budi Wahyudi. 2011. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa. Pratiwi, Yuni, dkk. 2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka. Satrio, Affan B. 2010. Teknik Jitu Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Immortal Publisher. Soetomo, Istiati, dkk. 2003. Bahasa Indonesia Dasar Penulisan Ilmiah. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Suhartono. 2012.”Peningkatan Kompetensi Menulis Jurnal Ilmiah melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS”. Dalam http:// widyasaripress.com/index.php?option=com_content&view=article&id=66:menulisartikel-jurnal-ilmiah&catid=25:jurnal-januari-2012&Itemid=2. Diunduh 19 Oktober 2012 pukul 11:27.Suherli. 2007. Menulis Karangan Ilmiah Kajian dan Penuntun dalam Menyususn Karya Tulis Ilmiah. Depok: Arya Duta. Sukartiningsih, Wahyu. 2007. “Pembelajaran Konstruktivis untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Program PGSD Unesa”. Dalam http://wacana.jurnal.unesa.ac.id/ 101_699/pembelajaran-konstruktivis-untuk-meningkatkan-kemampuan-menulisilmiah-mahasiswa-program-pgsd-unesa. Diunduh 19 Oktober 2012 pukul 11:27. Sumadi. 2003. “Organisasi Gagasan dalam Wacana Tulis Ilmiah Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang”. Dalam Jurnal Bahasa dan Seni. Volume 31, Nomor 2, Agustus 2003. Halaman 214-229. Suwandi, Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Wardani, I.G.A.K., dkk. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka. Yuwono, Agus. 2012. “Optimalisasi Web Internet sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Prodi PBSJ Semester VIII FBS UNNES”.Dalam http:// journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/ article/view/939. Diakses 19 Oktober 2012 pukul 11:27.en_US
dc.identifier.issn14115190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4833
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini ada dua, yaitu (1) menerapkan metode kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dan (2) meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa melalui metode kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian berangkat dari permasalahan riil yang dihadapi oleh pengajar dalam proses belajar-mengajar kemudian direfleksikan alternatif pemecahan masalahnya dan ditindaklanjuti dengan tindakantindakan nyata yang terencana dan terukur. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan S1 Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan UMS semester 1 tahun ajaran 2012/ 2013 yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia. Setelah tindakan demi tindakan dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian yang ada, dapat dikemukakan hasilnya bahwa dengan diterapkannya metode kolaborasi kemampuan menulis ilmiah mahasiswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peran aktif mereka ketika mengikuti perkuliahan menulis ilmiah dan timbulnya kesadaran bahwa menulis adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Berdasarkan hasil tes keterampilan menulis ilmiah diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 74, 43 dengan nilai tertinggi 97 dan nilai terrendah 47. Rata-rata kelas nilai menulis ilmiah mahasiswa sebelum diberi tindakan adalah 53, 82 dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 25. Nilai rata-rata kelas sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan kenaikan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa setelah diberi tindakan dengan metode kolaborasi meningkat.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectkemampuan menulis ilmiahen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.subjectmetode kolaborasien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Menulisis Imiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record