• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pendidikan Perdamaian Pada Sekolah Multi Etnis

    Thumbnail
    View/Open
    TAUFIK ABSTRACK.pdf (150.8Kb)
    TAUFIK BAB I.pdf (67.24Kb)
    TAUFIK BAB II.pdf (91.67Kb)
    TAUFIK BAB III.pdf (53.95Kb)
    TAUFIK BAB IV.pdf (63.83Kb)
    TAUFIK BAB V.pdf (89.29Kb)
    TAUFIK BAB VI.pdf (54.13Kb)
    TAUFIK DAFTAR PUSTAKA.pdf (55.73Kb)
    Date
    2014
    Author
    Taufik, Taufik
    Prihartanti, Nanik
    Pratisti, Wiwin Dinar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Interaksi sosial antar siswa pada sekolah multi etnis menjadi tolak ukur bagaimana efektivitas pendidikan perdamaian. Meskipun siswa-siswa diajarkan budi pekerti, kebersamaan, pentingnya kerja sama, dan sebagainya namun pada prakteknya hubungan sosial antar siswa masih tergolong tajam. Beberapa fakta menunjukkan bahwa hubungan antar siswa di sekolah-sekolah multi etnis cukup kompleks. Terdapat klik-klik siswa yang didasarkan pada persamaan etnis, etnis Jawa lebih tertarik untuk berkelompok dengan etnis Jawa dan etnis Tionghoa lebih nyaman berinteraksi dengan etnis Tionghoa, sehingga secara sosial tampak adanya segregasi hubungan. Hubungan antar siswa di sekolah multi etnis dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain identifikasi, empati, imitasi, sugesti, dan motivasi, faktor-faktor fisik antara lain faktor kedekatan jarak, dan kemudahan akses, faktor-faktor sosial informal seperti model hubungan sosial yang dinamis, model hubungan antar pribadi, model hubungan antar kelompok, model hubungan antar pribadi dan kelompok yang berlaku di daerah tersebut, faktor-faktor disain sosial formal yaitu cara-cara yang memang didesain untuk berhubungan sosial seperti di lingkungan istana, lingkungan tempat bekerja, lingkungan di sekolah, pada acara-acara formal, dan faktor-faktor personal yaitu adanya dorongan-dorongan internal dari individu yang senang bersosialisasi Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pendidikan perdamaian pada sekolah multi etnis di kota Surakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai interaksi sosial siswa pada sekolah-sekolah multi etnis di Surakarta, dan melihat peranan orientasi dominansi sosial dan peran guru terhadap interaksi sosial siswa di sekolah multi etnis. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini antara lain: Menambah khazanah pengetahuan mengenai keberagaman masyarakat Surakarta pada khususnya, terutama terkait pada masalah kerukunan antar etnis dalam masyarakat multi etnis; Sebagai salah satu kerangka dasar atau sebagai masukan bagi para pengambil kebijakan, untuk dapat merumuskan kebijaksanaan baru mengenai hubungan antara etnis Tionghoa-Jawa di Surakarta pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Subjek penelitian yaitu siswa-siswi Sekolah Menengah Umum Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kedua variable bebas yaitu orientasi dominansi sosial dan peran guru, ternyata orientasi dominansi sosial memiliki hubungan yang signifikan dengan interaksi sosial dibandingkan dengan variable peran guru. Berdasarkan hasil analisis data membuktikan bahwa orientasi dominansi sosial berhubungan secara negatif dengan interaksi sosial, artinya semakin tinggi skor orientasi dominansi sosial maka interaksi sosial individu akan semakin rendah, begitu pula sebaliknya semakin rendah orientasi dominansi sosial maka akan semakin tinggi interaksi sosial.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5721
    Collections
    • Psikologi

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV