Show simple item record

dc.contributor.authorPerdana, Yandra Rahadian
dc.date.accessioned2015-04-22T07:27:31Z
dc.date.available2015-04-22T07:27:31Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationBowersox, D., Closs, D., Cooper, M, B. 2002. Supply Chain Logistics Management. Mcgraw-hill. Bayraktar, E., Lenny Koh, S, C., Gunasekaran, A., Kazim Sari, Ekrem Tatoglu. 2008. The role of forecasting on bullwhip effect for E-SCM applications. International Journal Production Economics 113 : 193–204 Dejonckheere, J., Disney, S, M., Lambrecht, M, R., Towill, D, R. 2003. Measuring and avoiding the bullwhip effect: A control theoretic approach. European Journal of Operational Research 147 : 567–590 Lee, H. L., Padmanabhan, V., Whang, S., 1997. The Bullwhip effect in supply chains. Sloan Management Review Spring, 93–102 Metters, R. 1997. Quantifying the bullwhip effect in supply chains. Journal of Operations Management 15:89-100 Pujawan. 2006. Supply chain management. Surabaya : Guna Widya. Sarac, A., Absi, N., Dauzere-Peres, S. 2009. A Literature Review on The Impact of RFID Technologies of the Supply Chain Management. Working Paper ENSM-SE CMP WP 2009/2 Simchi-Levi, D., Kaminsky., Simchi-Levi, E. 2000. Designing Managing The Supply Chain. Irwin McGraw-Hill. Taylor, D, A. 2004. Supply Chain : Manager’s Guide. Pearson Education. Youssef, S, M., Salem, R, M. 2007. Automated barcode recognition for smart identification and inspection automation. Expert Systems with Applications 33 : 968–977in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5785
dc.description.abstractCV. Annuur merupakan salah satu dari Industri Kecil Obat Tradional (IKOT) di Yogyakarta. Perusahaan ini dihadapkan pada permasalahan dalam menyediakan produk kunyit putih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Terdapat ketidakpasatian permintaan pelanggan dari waktu ke waktu. Keputusan dalam mengatasi ketidakpasatian permintaan merupakan bagian dari pendekatan Supply Chain Management (SCM). Fluktuasi permintaan menyebabkan perusahaan tidak mampu mengambil keputusan dengan tepat dalam menentukan jumlah produk yang diproduksi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam penelitian dilakukan pengukuran variansi tingkat permintaan produk dibandingkan dengan kemampuan produksi perusahaan dengan metode bullwhip effect. Analisis dalam penelitian ini menggunakan data produksi dan penjualan kunyit putih botol isi 60 kapsul selama 295 hari. Hasil perhitungan menunjukkan rasio amplifikasi lebih kecil dari satu (0,62). Hal ini berarti perusahaan belum mampu memenuhi permintaan pelanggan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectBullwhip Effectin_ID
dc.subjectPermintaanin_ID
dc.subjectProduksiin_ID
dc.subjectSupply Chain Management (SCM)in_ID
dc.titleAnalisis Permintaan Produk dengan Menggunakan Metode Bullwhip Effect di Industri Kecil Obat Tradisional Studi Kasus : CV. Annuur Herbal Indonesiain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record