Show simple item record

dc.contributor.authorHandayani, Naniek Utami
dc.contributor.authorPurnika, Meiki Alfa
dc.date.accessioned2015-05-12T07:34:57Z
dc.date.available2015-05-12T07:34:57Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationD’Astous, A. dan Saint-Louis, O. (2005). National versus store brand effect on consumer evaluation of a garment. Journal of Fashion Marketing and Management, 9(3), 306-317. Feigenbaum, A.V. (1983). Total quality control, 3rd ed., McGraw-Hill, New York. Fowler, D, dan Clodfelter, R. (2001). A Comparison of apparel quality: outlet stores versus department stores. Journal of Fashion Marketing and Management, 5(1), 57-66. Ishikawa, K. (1985). What is total quality control?: the Japanese way. Vol. 215. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall. Kadolph, S.J. (1998). Quality assurance for textiles and apparel. New York: Fairchild Publications. Rayman, D. dkk. (2011). Apparel product quality: Its nature and measurement. Journal of Global Academy of Marketing Science, 21(1), 66-75. Rogers, J. C. dan Lutz, S. L. (1990). Quality Indicator Used by Retail Buyers in the Purchase of Women's Sportswear. Clothing and Textiles Research Journal, 9(11). Saricam, C. dkk. 2012. Apparel product evaluation and quality perception of turkish consumers. RMUTP International Conference: Textiles and Fashion. Suardi, R. 2004. Sistem Manajemen Mutu ISO 9000: 2000: Penerapannya Untuk Mencapai TQM. Jakarta: Penerbit PPM. Wu, J. dan Delong, M.. (2006). Journal of Fashion and Marketing Management, 10 (2), 238-250. Zhang, Z. dkk. (2002). Casual wear product attributes: a Chinese consumers’ perpective. Journal of fashion Marketing and Management, 6(1), 53-66.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5906
dc.description.abstractPerkembangan fungsi dan gaya berpakaian sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan industri pakaian (garmen). Menjelang era pasar bebas, persaingan diantara industri garmen di Indonesia semakin tinggi dengan banyaknya produk impor yang beredar di pasaran. Kualitas produk garmen menjadi sangat penting agar perusahaan yang bergerak di bidang garmen tetap dapat dapat bertahan. Kualitas produk biasanya dinilai dari dimensi-dimensi yang ditentukan oleh perusahaan yang memproduksi barang tersebut. Namun, kualitas produk tidak hanya bisa dinilai dari dimensi kualitas berdasarkan spesifikasi yang dibuat oleh produsen tetapi juga bisa dinilai dari persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Ketidaksesuaian produk pakaian dengan persepsi konsumen dapat berdampak pada penolakan produk pakaian tersebut oleh konsumen yang berarti produk tidak laku di pasaran. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan intensitas pembelian di masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dimensi-dimensi kualitas produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli pakaian. Penelitian ini menggunakan enam dimensi persepsi kualitas pakaian yaitu appearance, performance, brand image, harga, kesesuaian, dan kenyamanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor untuk menentukan faktor yang berpengaruh terhadap persepsi konsumen produk pakaian dan multidimensional scalling untuk mengetahui product position dua brand pakaian yaitu Nike dan Adidas dalam dimensi kualitas pakaian. Berdasarkan hasil penelitian ini dimensi appearance merupakan dimensi terpenting dalam persepsi kualitas pakaian, selain itu, performance dan kenyamanan juga merupakan faktor yang penting bagi konsumen dalam memilih pakaian. Analisis terhadap product position dua brand pakaian tersebut, Nike memiliki keunggulan dalam dimensi appearance, performance, brand image dan kenyamanan sedangkan Adidas memiliki keunggulan dalam dimensi harga dan kesesuaian.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKualitas produk pakaianin_ID
dc.subjectmultidimensional scalingin_ID
dc.subjectpersepsi konsumenin_ID
dc.titlePenilaian Product Position Bagi Brand Pakaian NIKE dan Adidas Berdasarkan Persepsi Konsumenin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record