• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Jumlah Sampel dan Panjang Tes terhadap Validitas Konstruk pada Tes Penalaran Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    385_396 M ALI GUNAWAN.pdf (1.703Mb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Gunawan, Muhammad Ali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah sampel dan panjang tes terhadap validitas dan reliabilitas butir tes menggunakan analisis faktor (exploratory factor analysis) dan koefisien alpha. Data yang digunakan merupakan data bangkitan dengan jumlah sampel dan butir berbeda-beda dengan pasangan jumlah sampel dan butir 1) (120: 15); (120:10); (120: 5); 2) (250:15); (250:10); (250:5); 3)(500: 15); (500:10); (500: 5). Data dibangkitkan dengan program WinGen dengan bentuk tes uraian (politomus) dimana penskorannya menggunakan rubrik (skala 0 sampai 4). Data dibangkitkan sebanyak 25 kali ulangan untuk semua pasangan perlakuan. Untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan perlakuan terhadap rata-rata koefisien validitas dan rata-rata koefisien reliabilitas digunakan analisis regresi dan posthoc analysis. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Jumlah sampel dan panjang tes berpengaruh terhadap koefisien validitas tes penalaran matematik sebesar 82,30% dengan persamaan garis regresi: . Perlakuan dengan jumlah sampel 500 dan butir 15 menghasilkan tingkat koefisien validitas yang tinggi dibandingkan dengan dua perlakuan lainnya. (2) Jumlah sampel dan panjang tes berpengaruh terhadap koefisien reliabitas tes penalaran matematik sebesar 88,30% dengan persamaan garis regresi: . Perlakuan dengan jumlah sampel 500 dan butir 15 menghasilkan tingkat koefisien reliabilitas yang tinggi dibandingkan dengan dua perlakuan lainnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5964
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV