Pengembangan Karakter dan Kecerdasan Emosional pada Pembelajaran Matematika Project Based Learning dalam Menghadapi Era Globalisasi
Abstract
Kualitas mutu pendidikan di perguruan tinggi dalam menghadapi era globalisasi perlu
ditingkatkan melalui pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Salah satu upaya
inovasi pembelajaran matematika dalam era globalisasi yaitu pembelajaran matematika
Project Based Learning (PBL) dengan mengembangkan karakter dan mengendalikan
kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan
penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian untuk
mendiskripsikan pengembangan karakter dan kecerdasan emosional pada pembelajaran
matematika Project Based Learning dalam menghadapi era globalisasi. Subyek penelitian
yaitu mahasiswa pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang yang menempuh
matakuliah program linear dengan jumlah 30 mahasiswa. Pengumpulan data meliputi tes,
lembar kerja mahasiswa, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data
dengan triangulasi dan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data serta menarik
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ketercapaian peningkatan
pengembangan karakter dan kecerdasan emosional pada pembelajaran matematika Project
Based Learning dalam menghadapi era globalisasi. Hal ini ditunjukkan oleh data yang
diperoleh pada siklus dua yang telah memenuhi kriteria ketercapaian dan keberhasilan yaitu
ketercapaian pengembangan karakter 81,54% (mulai membudaya), ketercapaian kecerdasan
emosional 80% (sangat baik) dan keberhasilan project based learning dalam pembelajaran
matematika yaitu kemampuan akademik mahasiswa dalam menyelesaikan matematika
86,67% (sangat baik).