• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Karakter dan Kecerdasan Emosional pada Pembelajaran Matematika Project Based Learning dalam Menghadapi Era Globalisasi

    Thumbnail
    View/Open
    234_245 RETNO MARSITIN.pdf (184.5Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Marsitin, Retno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas mutu pendidikan di perguruan tinggi dalam menghadapi era globalisasi perlu ditingkatkan melalui pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Salah satu upaya inovasi pembelajaran matematika dalam era globalisasi yaitu pembelajaran matematika Project Based Learning (PBL) dengan mengembangkan karakter dan mengendalikan kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan pengembangan karakter dan kecerdasan emosional pada pembelajaran matematika Project Based Learning dalam menghadapi era globalisasi. Subyek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang yang menempuh matakuliah program linear dengan jumlah 30 mahasiswa. Pengumpulan data meliputi tes, lembar kerja mahasiswa, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi dan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ketercapaian peningkatan pengembangan karakter dan kecerdasan emosional pada pembelajaran matematika Project Based Learning dalam menghadapi era globalisasi. Hal ini ditunjukkan oleh data yang diperoleh pada siklus dua yang telah memenuhi kriteria ketercapaian dan keberhasilan yaitu ketercapaian pengembangan karakter 81,54% (mulai membudaya), ketercapaian kecerdasan emosional 80% (sangat baik) dan keberhasilan project based learning dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan akademik mahasiswa dalam menyelesaikan matematika 86,67% (sangat baik).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5985
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV