• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    224_233 MEGA ERISKA.pdf (61.02Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Sardin
    Purnomo, Mega Eriska Rosari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran matematika yang diamanatkan oleh kurikulum 2013. Pembelajaran ini menekankan siswa untuk menguasai matematika bukan hanya melalui hafalan yang bersifat sementara, melainkan siswa dibekali penguasaan pengetahuan matematika untuk menghadapi tantangan masa depan. Pada aktivitas CTL, siswa mengajukan masalah-masalah kontekstual yang sesuai dengan kehidupan nyata, kemudian dibimbing secara bertahap oleh guru untuk menemukan solusi permasalahan dan menguasai konsep-konsep matematika. Selama proses pembimbingan oleh guru, antarsiswa melakukan diskusi, menerima berbagai masukan agar mampu mengembangkan konsep yang telah dimiliki. Melalui CTL, siswa akan terampil untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Selain itu, kegiatan pembelajaran matematika dengan CTL mampu membuat siswa berkembang daya nalarnya sehingga menjadi pribadi yang kreatif dan kritis. Kreativitas matematika siswa terbentuk dengan cara menghubungkan/menemukan masalah-masalah kontekstual di lingkungan sekitarnya, kemudian dengan kemampuannya siswa mengkonstruksi, merancang, dan membuat model matematikanya, kemudian mengkomunikasikan solusi dari masalah tersebut kepada guru maupun teman-temannya. Kegiatan tersebut tentunya akan menumbuhkan pikiran kreatif siswa. Oleh karena itu, penerapan CTL dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematika siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun menciptakan pengetahuan baru.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5986
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV