• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Diagnosis Kesulitan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Turen Malang dan Upaya Mengatasinya dengan Pemberian Scaffolding

    Thumbnail
    View/Open
    164_171 SRI HARIANA.pdf (57.24Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Hariana, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting, karena siswadapat mengembangkan daya nalar untuk berfikir ke tingkat lebih tinggi. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan dalam pemecahan masalah matematika adalah dengan pemberian bimbingan (scaffolding) dari seseorang yang lebih ahli.Tujuan penelitian adalah untuk mendiagnosiskesulitan siswa dalam pemecahan masalah statistika dan upaya mengatasinya dengan pemberian scaffolding. Pemberian scaffolding mengacu pada tahap-tahap Anghileri[1] yaitu (1)environmental provisions, (2)explaining, reviewing, and restructuring dan (3)developing conceptual thinking, serta berdasarkan tingkat kesulitan yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (Action Research).Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 3 SMK Negeri 1 Turen Malang tahun pelajaran 2014 – 2015.Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelompok berkemampuan rendah kesulitan dalam memahami masalah.Siswa kelompok berkemampuan sedang kesulitan menyatakan fakta dalam kalimat matematika dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah statistika.Siswa kelompok berkemampuan tinggi semuanya kesulitan dalam memeriksa kembali jawaban dan mengkomunikasikan jawaban.Secara umum, dengan pemberian scaffoldingyang bervariasi, sesuai kebutuhan siswa, kemampuan siswa dalam memecahan masalah statistika dapat meningkat.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5991
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV